KEPSUL  

Alien Mus Dorong Bimtek Pengetahuan Peternak di Kepulauan Sula

staf ahli anggota DPR RI Alien Mus, Aman Upara. saat diwawancarai (Dok : karno pora/borero.id)

BORERO.ID SANANA– Kementerian Pertanian Republik Indonesia mencanangkan program peningkatan pengatahuan kepada masyarakat yang berprofesi sebagai petani maupun peternak hewan. Program ini  didorong lewat Bimbingan Teknis (Bimtek) seperti dilakukan anggota komisi IV DPR RI Fraksi Golkar, Alien Mus.

Bimtek melalui program tersebut bertujuan baik penyeluh dan masyarakat agar lebih mudah memahami pengembangan pertanian maupun peternakan. Sebelumnya program ini telah menyentuh Kota Ternate tahun 2022, dan tahun 2023 masuk ke Kabupaten Kepulauan Sula dengan titik fokus ke peternakan hawan sapi dan lainnya.

“Bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh adalah program dari Kementerian Pertanian yang  berlangsung dari tanggal 28 sampai 29 Mei 2023,” kata anggota DPR RI Alien Mus melalui staf ahlinya Aman Upara, Minggu (28/5/2023).

Bimtek melalui program kemenentrian ini, kata Aman, telah berjalan selama dua tahun. Tahun pertama 2022 di Kota Ternate dengan jumlah pesertanya 250 orang. Sedangkan tahun kedua 2023 ini di Kepulauan Sula dengan pesertanya 500 orang yang digelar selama dua hari.

“Alhamdulillah, untuk 2023 ini pesertanya 500 orang. Program peningkatan kapasitas petani dan penyuluh ini, sementara ibu Alien fokus para peternak di Sula,” ucapnya.

Ia mengaku, Bimtek ini lebih diprioritaskan para peternak setelah adanya aspirasi yang diserap Alien Mus. Selain peternak dalam kegiatan Bimtek ini namun para penyuluh pencegah penyakit pada sapi juga diundang.

Menurut dia, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat maupun para peternak supaya memiliki ilmu pengetahuan terkait dengan cara memelihara sapi yang baik.

“Bimtek ini tujuanya hanya memberikan ilmu pengetahuan cara memelihara sapi dan hewan ternak lainnya,” kata Aman. (Red/Ano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *