Catatan Positif, Zulham Pernah Bobol Gawang Vietnam di Piala AFF

Mantan pemain timnas indonesia zulham zamrun (Dok : istimewa)

BORERO SPORT –  Zulham Zamrun pernah membobol gawang Timnas Vietnam pada Piala AFF 2014. Kala itu, mantan pemian Timnas Indonesia asal Maluku Utara,Ternate, ini membuat gol balasan bersama Samsul Arif Munip yang menjadikan catatan positif bagi Timnas Indonesia selama lima kali pertemuan di piala AFF.

Kali ini,  Timnas Indonesia kembali bersua dengan Vietnam pada babak semifinal Piala AFF 2022. Leg pertama akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/2022) pukul 16.30 WIB.

Vietnam tentu bukan lawan yang mudah bagi Timnas Indonesia. Terlebih, mereka lolos ke semifinal dengan status sebagai juara grup B tanpa tersentuh kekalahan. Akan tetapi, jika melihat rekor pertemuan kedua tim di Piala AFF, Timnas Indonesia punya catatan lebih bagus.

Skuad Garuda meraih tiga kemenangan, kalah satu kali dan sisanya imbang. Bahkan, Timnas Indonesia belum pernah kalah dari lima pertemuan terakhirnya kontra Vietnam di Piala AFF. Berikut lima pertemuan terakhir Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF.

Piala AFF 2007: Indonesia 1-1 Vietnam

Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Vietnam pada Piala AFF 2007. Kedua kesebelasan sama-sama menghuni grup B.

Timnas Indonesia sebenarnya nyaris kalah setelah Supardi Nasir mencetak gol bunuh diri. Beruntung, gol telat Saktiawan Sinaga menyelamatkan muka Skuad Garuda. Adapun, pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam kala itu berlangsung di Stadion Nasional, Kallang pada 15 Januri 2007. Kebetulan, Singapura menjadi tuan rumah grup B.

Piala AFF 2014: Vietnam 2-2 Indonesia

Timnas Indonesia kembali bermain imbang kontra Vietnam pada Piala AFF 2014. Laga yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi berakhir dengan skor 2-2.

Vietnam memimpin lewat Que Ngoc Hai dan Le Cong Vinh. Sementara, Timnas Indonesia membalas lewat gol Zulham Zamrun dan Samsul Arif Munip. Pada Piala AFF edisi tersebut, Vietnam berstatus sebagai tuan rumah grup A. Sementara grup B digelar di Singapura.

Leg pertama semifinal Piala AFF 2022, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Dok : bola.net/borero.id)

Piala AFF 2016: Indonesia 2-1 Vietnam

Timnas Indonesia kembali bersua Vietnam pada Piala AFF 2016. Akan tetapi, pertemuan tersebut berlangsung pada babak semifinal.

Pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1. Hansamu Yama dan Boaz Solossa menjadi pahlawan kemenangan Skuad Garuda. Sementara Vietnam membalas lewat kaki Nguyen Van Quyet. Dia membobol gawang Timnas Indonesia melalui titik putih.

Piala AFF 2016: Vietnam 2-2 Indonesia

Timnas Indonesia bertamu ke Vietnam pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2016. Laga yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh berakhir imbang 2-2.

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Stefano Lilipaly dan Manahati Lestusen. Sementara Vietnam membalas lewat brace Vu Van Thanh. Hasil itu sekaligus membuat Timnas Indonesia melaju ke babak final Piala AFF 2016. Skuad Garuda unggul dengan agregat 4-3.

Piala AFF 2020: Indonesia 0-0 Vietnam

Sementara pertemuan Timnas Indonesia kontra Vietnam berlangsung pada Piala AFF 2020 yang digelar tahun lalu. Kedua tim sama-sama menghuni grup B.

Namun, Timnas Indonesia dan Vietnam hanya mampu bermain imbang tanpa gol di Stadion Bishan. Turnamen berlangsung di Singapura. Namun, meski bermain imbang Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama lolos ke semifinal. Mereka keluar sebagai juara dan runner-up grup B. (Sumber : Bola.net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *