HALBAR  

DPRD Dukung Usulan Perda Pajak Baru di Wilayah Halbar

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Halbar, Chuzaemah Djauhar | Dok : istimewa

BORERO.ID HALBAR Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Halmahera barat (Halbar) melalui Bapenda terkait pengusulan atau pembentukan Perda tentang Pajak dan Retribusi  mendapat dukungan dari DPRD Halbar.

Chuzaemah Djauhar selaku Kepala Bapenda Halbar mengatakan, pihaknya telah mengusulkan Perda untuk mengatur seluruh objek pajak baru di wilayah Kabupaten Halbar dibawah pemerintahan Bupati James Uang, dan Wakil Bupati Djufri Muhamad. Menurutnya, usulan Perda tetang pajak dan retribusi itu, karena masih banyak objek pajak baru belum termuat pada Perda tahun 2011.  Untuk itu, perlu direvisi sesuai amanat UU nomor 1.

” Pemantapan perda ini guna dorong PAD Halbar di tahun mendatang. Untuk dokumen usulan Perda pajak dan retribusi saat ini masih dalam revisi Pemkab,” kata Chuzaemah saat dikonfirmasi, Kamis (24/08/2023).

Terpisah, Ketua Bapemperda DPRD Halbar Albert Hama, sangat mendukung usulan yang mengatur tetang pajak dan retribusi daerah. ” Usulan ini sangat bagus. Kami Bapemperda DPRD Halbar menunggu dokumen usulan dari Pemkab terkait Perda tetang Pajak dan Retribusi Daerah. Jadi kalau sudah masuk akan ditindaklanjuti untuk dibahas,”ucapnya.

Ia juga menuturkan, selaku Ketua Bapemperda meminta Pemkab halbar melalui Dispenda, segara memasukan usulan dokumen tersebut untuk dibahas. Sehingga pada tahun 2024 Perda Pajak dan Retribusi dari seluruh objek pajak baru yang sudah berjalan.

” Hal seperti ini juga harus cepat diatasi, guna dapat mendorong PAD untuk pembanguan daerah. Pastinya yang kami inginkan setiap Perda harus memiliki asas manfaat untuk masyarkat,” kata Albert. (*)

Penulis : Iin Afriyanti

Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *