TIDORE  

Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP Tikep Resmi Digelar

Wali Kota Tikep Capt. Ali Ibarahim saat membuka perhelatan Gala Siswa Indonesia tingkat SMP di Stadion Kelurahan Gurabati. (Dok : istimewa)

BORERO.ID TIDOREPerhelatan Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) resmi dibuka Wali Kota Tikep Capt. Ali Ibarahim di Stadion Kelurahan Gurabati, Senin (3/6/2023).

Wali Kota mengatakan, pemerintah melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menyusun berbagai kebijakan dan strategi tentang kegiatan siswa.  Salah satunya penyelengaraan GSI bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2023. Hal ini menandakan semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi sebelumnya.

” Setelah adaptasi terobosan pelaksanaan GSI di masa pandemi 3 tahun lalu, maka pada tahun ini BPTI melalui Dinas Pendidikan Kota  Tikep kembali melakukan ajang talenta di bidang sepakbola untuk jenjang SMP secara luring,” katanya.

Ali Ibrahim juga mengatakan, pelaksanaan GSI dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi hingga tingkat Nasional dengan mekanisme kompetisi dan mekanisme pertandingan internal. Melalui GSI Pemerintah Daerah Kota Tikep berharap kepada semua komponen, baik itu pelatih, Pemain, perangkat pertandingan, para Kepala Sekolah, orang tua siswa dan masyarakat, secara sama-sama  menjaga keamanan, menciptakan kenyamanan selama pertandingan berlangsung.  ” Untuk itu kepada seluruh atlit yang mengikuti kompetisi ini agar dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Ia menambahkan, menang atau kalah bukanlah hal utama. Terpenting adalah bagaimana para atlit bisa mengedepankan sportivitas dan fair play diatas segala-galanya. ” Semoga kegiatan GSI ini akan menjadi motivasi bagi atlit-atlit muda sepak bola di Kota Tikep  untuk meningkatkan prestasi,” kata Ali Ibrahim.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulaun Zainudin Umasangadji mengatakan, pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingka Kota ini merupakan implementasi instruksi Presiden nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya dari pemerintah dalam rangka membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 dan perwujudan pelajar pancasila yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan, dan saat ini sebanyak 144 pemain sudah siap berlaga,” kata Zainudin.

Diketahui bahwa terdapat delapan team akan bertanding di GSI tingkat SMP Kota Tikep. Para team mewakili setiap Kecamatannya masing-masing dan bagi pemenang GSI ini akan menuju bertanding di GSI SMP Tingkat Provinsi Maluku Utara untuk membawa nama Kota Tidore Kepulauan.

Pembukaan perhelatan GSI dihadiri Sekretaris Daerah Kota  Tikep yang juga selaku Ketua KONI Kota Tikep, Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Maluku Utara, Para Pimpinan OPD Kota Tikep , Camat berserta Kapolsek Tidore Selatan, Ketua ASKOT Tidore, Kepala Balai Guru Penggerak, Ketua Persikota Tidore, Lurah berserta Ketua IPPG Kelurahan Gurabati, dan Kepala Sekolah dan Guru SMP Se-Kota Tikep. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *