Harita Nickel Gelar OFT 2024, Pemkab Halsel Jadikan Soligi Destinasi Wisata Bahari

BORERO.ID – Perusahan pertambangan dan pemrosesan nikel terintegrasi berkelanjutan PT. Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, menggelar Obi Fishing Tournament (OFT) 2024 pada sabtu (11/05) hingga Minggu 12 Mei 2024.

OFT atau Turnamen memancing ini telah menjadi agenda rutin Hatita Nickel yang berkolaborasi dengan masyarakat di lingkar operasionalnya untuk mempromosikan keanekaragaman hayati di perairan Obi. Lebih meriah dari sebelumnya, gelaran tahun ketiga ini diikuti 202 peserta yang merupakan warga Desa Soligi dan Desa Kawasi.

Bupati Halsel, Hasan Ali Basam Kasuba saat membuka acara tersebut menyampaikan kegiatan OFT 2024 merupakan agenda positif sekaligus upaya mempromosikan potensi pariwisata di Pulau Obi Halmahera Selatan sebagai salah satu destinasi wisata, juga untuk mengangkat potensi perairan Obi sebagai lumbung ikan nasional.

“Kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin perusahaan dengan masyarakat ini, akan kita dorong menjadi agenda promosi wisata daerah dan bahkan nasional. Dengan gaung yang lebih luas, potensi daerah akan semakin terangkat, dan banyak mengundang wisatawan dari luar daerah,” tuturnya.

Head of External Relations Harita Nickel, Latif Supriadi, menyatakan melalui turnamen memancing ini perusahaan mengajak masyarakat menjaga kelestarian perairan pulau Obi sebagai bukti keanekaragaman hayati di perairan ini masih terjaga, agar hasil tangkapan ikan terus melimpah.

“Total hasil tangkapan pada turnamen kali ini mencapai 105 kg. Jumlah ini belum termasuk ikan di bawah 6 kg yang tidak masuk penilaian. Jenis ikannya juga beragam. Sekali lagi, ini menandakan ikan di perairan Obi masih melimpah,” tuturnya.

Kelestarian dan keseimbangan ekosistem laut kata Supriadi, dapat dibuktikan dengan beragamnya hasil tangkapan dari para peserta kegiatan ini. “Keanekaragaman biota laut yang tidak umum ditemukan di perairan lain, menjadi ciri khas tersendiri bagi perairan Desa Kawasi dan Soligi, dan menjadi indikator bahwa keseimbangan ekosistem dan kelestarian perairan Desa Kawasi dan Soligi masih terjaga dengan baik.” tandasnya

Ia menuturkan, Harita Nickel selalu berupaya konsisten dengan komitmennya untuk menjaga keberlanjutan dan keseimbangan lingkungan baik itu di daratan maupun perairan disekitar perusahaan. Salah satu wujud nyata dengan komitmen ini, diimplementasikan dengan melakukan banyak inisiatif untuk menjaga kelestarian. “yaitu dengan memiliki tim khusus yang bertugas untuk memantau ekosistem perairan di Pulau Obi secara umum dan perairan di Desa Kawasi secara khusus, restorasi terumbu karang, pengelolaan air limpasan tambang, dan melakukan penanaman mangrove,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Halsel Ali Hasan menambahkan terkait pengembangan potensi wisata, dengan adanya OFT sudah menjadi pintu pembuka pengembangan wisata bahari yang berkelanjutan.

“Perairan Desa Soligi merupakan salah satu spot wisata bawah laut terbaik yang ada di kabupaten Halsel, sehingga turnamen memancing ini menjadi pintu pembuka untuk pengembangan wisata bahari,” Tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *