Hebat..!! Tinju Pra Popnas Malut Juara Umum

Foto bersama atlit tinju maluku utara di pra-popnas, sulawesi tengah (Dok : istimewa)

BORERO SPORT – Cabang Olahraga (Cabor) Tinju yang mengekuti pra-Pekan Olahgara Pelajar Nasional (Popnas) asal Provinsi Mauku Utara (Malut) berhasil keluar sebagai juara umum. Ini setelah dari tujuh atlit petinju asal Malut itu melaju ke partai babak final, lima diantaranya mempu mempersembahkan lima medali emas.

Diketahui, pra-Popnas untuk zona V berlangsung di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), digelar sejak 7 sampai 13 November 2022.  Adapun sekitar delapan Cabor diikuti pra-Popnas asal Malut ini diantaranya, Sepak Bola, Bola Volly, Bola Basket, Bulu Tangkis, Sepak Takraw, Tenis, Pencak Silat, dan Tinju.  Dari sekitar 8 Cabor ini apabila berhasil menang dipastikan akan bertanding  ke Pekan Olaharga Pelajar Nasional (Popnas) di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Tahun 2023.  Raihan lima medali emas itu, Cabor tinju Malut sudah dipastikan bertanding di Popnas nanti.

M. Rizal Umar kepada kepada media ini merasa bangga atas raihan atlit-atlit yang tampil maksimal di pra-Popnas lantaran dari tujuh orang ke partai final,  lima atlit diantaranya berhasil menyumbangkan lima medali emas untuk Provinsi Malut. Meraka diantaranya Rafly R Arif bermain di kelas 60 kg, kemudian Ikmal J Tomagola bermain di kelas 63,5 kg, Ramjai Ilham bermain di kelas 51 kg, Ladita S kerang bermain di kelas 54 kg, serta Stavani Malaor bermain di kelas 52 kg.  “ Lawan-lawan yang mereka hadapi dalam perebutan medali emas itu seperti Rafli melawan Lukman Maryen dari Papua Barat, kemudian Ramjai melawan Reinhart Wairara juga dari Papua, maupun Stavani mampu mengalahkan Sela Soplanit dari Maluku,” kata pelatih tinju pra-Popnas Malut ini.

Baca jugaEnam Petinju Melaju ke Semifinal Kejurnas Medan

Rizal menambahkan, selain lima orang atlit tinju itu berhasil meraih medali emas namun tiga atlit juga berhasil mengamankan medali perak serta satu orang keluar sebagai peraih medali perunggu. Untuk peraih medali perak mereka adalah Nurul Herdiana bermain di kelas 50 kg, kemudian R.M. Fahran bermain di kelas 57 kg, dan  Risman R Tidore  bermain di kelas 48 kg. Sementara medali perunggu diraih Velya Kalaipupun yang bermain di kelas 48 kg.  “ Jadi totalnya 9 medali, 5 emas, 3 perang, dan 1 perunggu yang diraih dalam pra-popnas ini ,”  ujarnya.

Sementara Ketua Pertina Malut, Nasri Abubakar, dikonfirmasi mengaku raihan prestasi itu membuat Cabor tinju dinyatakan keluar sebaga juara umum. Hal ini tentu menjadi motivasi tersendiri bagi atlit, pengurus Cabor dalam hal ini Pertina Malut, maupun bagi Pemerintah Provinsi Malut seraya berharap agar bersiap sejak awal untuk menghadapi Popnas 2023 mendatang.

Dihimpun bahwa, raihan prestasi juga datang tim Sepak Bola asal Malut yang keluar sebagai juara atau peraih medali emas setelah mampu mengalahkan Papua dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gawasile Pulu, Sulut. (Red)