KM Mina Maritim Bersama 13 ABK Terbakar di Perairan Halsel

Kapal Ikan KM Inka Mina Maritim 036 saat terbakar di perairan halsel || Foto : istimewa

BORERO.ID HALSEL— Kapal Ikan KM Inka Mina Maritim 036, saat mencari ikan mengalami kebakaran di antara perairan Pulau Doko dan Palamea Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara, Kamis (26/10/2023).

Kejadian terbakarnya KM Inka Mina Maritim 036 dengan membawa 13 Anak Buah Kapal (ABK)  15  ini  saat berangkat dari Pelabuhan Panambuang Bacan menuju ke rumpon di sekitar perairan antara Desa Doko dan Desa Palamea. Namun pada  pukul 06.00 WIT, kapal mengalami kebakaran dan ABK menghubungi syabandar Panambuang untuk meminta perbantuan SAR.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman mengatakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate melalui Unit Siaga Sar Bacan yang mendapat laporan tersebut pada kamis 26 Oktober 2023 sekitar pukul 08.00 WIT. dari syahbandar panambuang langsung memberangkatkan Tim Rescue USS Halsel bergerak menuju LKP dengan menggunakan RB 309 untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan. ” Seluruh ABK Km. Inka Mina Maritim 036 kemudian berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat,” katanya.

ABK Kapal KM Inka Mina Maritim 036 dievakuasi oleh Kapal Putra Putri 02 saat melintasi daerah kejadian, seluruh korban kemudian dibawa menuju Desa Marikopo. Sementara  kondisi Kapal KM Maritim 036 telah tenggelam. ” Tim Rescue menggunakan Rescue Boat 309 Ternate, kemudian menuju ke desa Marikopo dan tiba pukul 11.13 WIT, selanjutnya memastikan ABK Kapal KM Maritim 036 sudah terevakuasi di Desa Marikopo,” ujar Kepala Basarnas.

Adapun jumlah ABK yang semula dilaporkan berjumlah 15 orang setelah dilaksanakan pendataan ulang, yang onboard diatas KM Inka Mina Maritim 036 hanya 13 orang dan dalam keadaan selamat, selanjutnya RB 309 mengevakuasi seluruh korban ke Desa Panambuang Bacan. ” Tim SAR Gabungan selesai melaksanakan pencarian dengan hasil 13 Orang dievakuasi dalam keadaan selamat, ” sambung Kapala Basarnas Ternate. (*)