Pastikan Mudik Aman, Operasi Ketupat di Pelabuhan Sofifi Libatkan Anjing Pelacak

Libatkan anjing pelacak di pelabuhan sofifi untuk memastikan mudik aman || Foto : istimewa

BORERO.ID TERNATE–Personil Operasi Ketupat Kie Raha Polda Maluku Utara menggelar patroli disekitar pelabuhan penyeberangan Fery (ASDP) Bastiong, dan Ahmad Yani Kota Ternate, Senin 8 April 2024. Selain itu, juga dilakukan di pelabuhan Fery Galala Sofifi.

Tujuan dari opresi ketupat ini untuk memastikan keamanan dan mencegah terjadinya tindak kriminal dalam suasana arus mudik jelang lebaran Idul Fitri 1444 H.

Kabidhumas Polda Malut, AKBP Bambang Suharyono, menyatakan kegiatan patroli tersebut merupakan bagian dari upaya pihak kepolisian dalam mengamankan perjalanan mudik Lebaran. “Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung serta memastikan situasi di pelabuhan tetap terkendali,” kata Bambang melalui siaran persnya.

Sementara, personil Subsatgas Satwa K9 yang tergabung dalam operasi ketupat kie raha juga melakukan patroli di pelabuhan Feri Galala Sofifi.  Dalam patroli ini, satu anjing pelacak terlatih turut dilibatkan untuk mendeteksi barang-barang ilegal atau mencurigakan.

Kehadiran anjing pelacak itu diharapkan dappat membantu mengidentifikasi potensi ancaman atau barang ilegal yang masuk atau keluar dari pelabuhan.” Kehadiran Subsatgas Satwa beserta anjing pelacak adalah bagian dari upaya pencegahan dan penindakan tindak kriminal,” kata Bambang

Selain memfokuskan diri pada pencegahan kriminalitas, patroli dilakukan Subsatgas Satwa K9 juga bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada pengguna sarana transportasi laut. “Kehadiran mereka diharapkan dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang menggunakan fasilitas pelabuhan,” ujar Kabid humas Polda Malut.

Diketahui bahwa, operasi ketupat kie raha Polda Maluku Utara merupakan komitmen Polri dalam menjaga keamanan selama masa liburan panjang, sehingga para pemudik dapat melakukan perjalanan dengan tenang dan nyaman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *