Penuhi Kebutuhan Industri Tambang di Malut, Bina Ilmu Buka Pelatihan Bahasa Mandarin dan Alat Berat

Pimpinan LPK Bina Ilmu, Kasman Ulidum

TERNATE – Guna memenuhi kebutuhan Tenaga kerja Industri pertambangan di Maluku Utara, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bina Ilmu Ternate, membuka Pelatihan Alat Berat Excavator dan Bahasa Mandarin.

Pimpinan LPK Bina Ilmu Kasman Ulidam kepada media ini mengatakan, Sejak berdirinya LPK Bina Ilmu 13 Tahun lalu, baru di tahun 2023 ini pihaknya membuka program pelatihan Alat Berat dan Bahasa Mandarin.

“Setelah kami berkoordinasi dengan Disnaker Malut, kami memutuskan membuka program baru berupa pelatihan Alat Berat dan juga Bahasa Mandarin,” katanya

Ia menuturkan, pertumbuhan dunia pertambangan di Maluku Utara juga menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Daerah khususnya Dinas Tenaga Kerja untuk mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempuni sebagai Tenaga Kerja di Perusahan Tambang Tersebut.

“Sebagai pihak swasta peluang ini yang coba diberdayakan Bina Ilmu, kami membuka perekrutan kemudian melatih para pelamar, agar memiliki keterampilan maupun skil yang siap dipakai oleh pihak Perusahan,” Ujarnya

Saat ini kata Kasman, Pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Disnaker Malut dan salah satu perusahan tambang agar ditahun 2023 ini Bina Ilmu dapat menyiapkan sekitar 400 tenaga kerja yang sudah dilatih agar dipekerjakan.

“Kalau di PT. IWIP mereka minta 400 orang yang bisa mengoperasikan Alat Berat Excavator, selain itu mereka juga butuh tenaga yang bisa berbahasa Mandarin, dan bulan depan Bina Ilmu buka pelatihan Bahasa Mandarin,” ujarnya

Ia menambahkan, untuk pelatihan Alat Berat Excavator dimulai 14 Juni hingga 28 Juli 2023 bulan depan dengan Jumlah Peserta sebanyak 42 Orang.

“Untuk Alat Berat ada 42 peserta di pelatihan pertama ini, di bulan depan kami buka lagi dan bulan depan selain alat berat juga kami buka bahasa mandarin. bagi masyarakat Malut yang berkeinginan bergabung dengan kami, bisa datangi Bina Ilmu di Jalan Kemuning nomor 111 kelurahan Stadion Kota Ternate,” tutupnya (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *