Periksa Kesehatan 70 Peserta Calon Akpol, 16 Dinyatakan Gugur

tahapan pemerikasan kesehatan pertama bagi calon peserta taruna-taruni Akpol yang berlangsung di Polres Ternate (Dok : istimewa)

BORERO.ID TERNATE–Sebanyak 70 peserta calon taruna-taruni Akademi Kepolisian (Akpol) mengekuti tes  untuk menjadi anggota Polri yang digelar Panitia Daerah Polda Maluku Utara. Dari 70 peserta ini, 16 orang dinyatakan gugur atau tidak lulus setelah mengekuti pemeriksaan kesehatan tahap satu yang berlangsung di Aula Polres Ternate, Selasa (2/5/2023).

Tersisa 54 peserta calon taruna-taruni Akpol akan mengekuti tahapan tes selanjutanya. “Ada sebanyak 70 peserta calon taruna dan taruni akademi kepolisian yang mengikuti pemeriksaan kesehatan,” lata Kabidhumas Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, diketahui dari 70 peserta hanya 54 Catar Akpol  dinyatakan lulus ke tahapan seleksi selanjutnya, sisanya dinyatakan gugur. “Dari 54 peserta yang lulus tersebut terdiri dari 51 orang pria dan 3 orang wanita. Sementara Catar Akpol yang gugur seleksi terdiri dari 16 orang peserta pria dan 1 orang wanita,” ucap Michael.

Ia menegaskan bahwa dalam seleksi penerimaan anggota Polri termasuk pemeriksaan kesehatan memegang prinsip BETAH yakni Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis. Selain itu, semua tahapan tes kesehatan terpantau sistem dan semua peserta juga bisa mengetahui hasil tesnya dinyatakan lulus atau tidak.

“Dalam setiap proses tahapan seleksi juga dilakukan pengawas oleh pihak internal maupun eksternal guna menghasilkan calon anggota Polri yang berkualitas,”kata Kabidhumas Polda Malut. (Red/dnx)