Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 95 Berlangsung Khidmat

BOROERO.ID, TIDORE – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 95 Tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan berlangsung khidmat dan sukses, bertempat di Halaman Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Sabtu (28/10/2023).

Upacara ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo yang bertindak selaku Inspektur Upacara, dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan OPD, Instansi Vertikal, BUMN, serta Pimpinan Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Kota Tidore Kepulauan.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Menpora Ario Bimo Nandito dalam sambutannya mengatakan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya, Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

“Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” Kata Ario.

Lebih lanjut, Ario mengatakan sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor, Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

“Maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen – elemen lain. Jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” tandas Ario.

Petugas dalam upacara ini, Perwira Upacara Junaidi Abu Anggota Pemuda Muhammadiyah Kota Tidore Kepulauan, Komandan Upacara Ramdani Hamisi Anggota Pramuka Kota Tidore Kepulauan, Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Dahlan Yusuf Anggota KAHMI Kota Tidore Kepulauan, Pembaca Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 Gabungan Organisasi Paguyuban Kota Tidore Kepulauan dan Pembaca Doa Nurhafni Yunus Anggota Fatayat NU Kota Tidore Kepulauan.

Sementara Pengibar Bendera dari Purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 95 Tahun 2023 ini juga didukung oleh Korsik dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan dan Kelompok Paduan Suara dari SMA Negeri 3 Kota Tidore Kepulauan. Adapun peserta upacara terdiri dari, Rutan Kelas II B Soasio, Balai Pemasyarakatan Kelas II Tidore, KUPP, Satpol PP, Korpri, OKP, Pramuka, Mahasiswa dan Siswa.

Usai upacara Hari Sumpah Pemuda ini, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada Budivandy Entertainment dan Oraganisasi Kepemudaan Pemuda Muhammdiyah Kota Tidore Kepulauan yang sudah turut berpartisipasi menyukseskan rangkaian acara Gebyar Sumpah Pemuda dan juga penyerahan hadiah Tournament Badminton Pemuda Cup Tahun 2023.(2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *