TIDORE  

Polres Tidore Resmi Berubah Status Menjadi Polresta

BORERO.ID, TIDORE – Kepolisian Resor Tidore (Polres) Tidore kini telah resmi naik tipe menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tidore. Peresmian ini dilakukan langsung oleh Kapolda Maluku Utara, Irjen. Pol Midi Siswoko yang didampingi Sultan Tidore, Walikota Tidore Kepulauan, Wakil Wakil Walikota Tidore dan Kapolres Tidore, bertempat di depan Polresta Tidore, Kamis (23/2/2023).

Kenaikan tipe Polres Tidore Kepulauan ini berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1159/VIII/2022 Tanggal 30 Agustus 2022 tentang Peningkatan Tipe Kepolisian Resor Tidore Menjadi Kepolisian Resor Kota Tidore Kepolisian Daerah Maluku Utara.

Irjen. Pol Midi Siswoko dalam kesempatan tersebut mengatakan, terbentuknya Polresta Tidore tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dari Walikota Tidore, DPRD Kota Tidore, Stakeholder terkait dan seluruh lapisan masyarakat Kota Tidore Kepulauan, salah satu diantaranya berupa dukungan lahan serta bangunan sementara Polres oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Tidore Kepulauan dan seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan, semoga untuk kedepannya kerjasama ini selalu terjaga. Saya juga berpesan kepada personel Polresta Tidore Polda Maluku Utara agar memiliki rasa tanggung jawab untuk merawat dan menjaga serta memanfaatkan bangunan Polresta ini dengan sebaik-baiknya,” Tutur Midi.

Selanjutnya, Midi berpesan, tingkatkan kinerja setiap personel dalam melaksanakan tugas 6 kepolisian guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta hindarkan dari setiap tindakan, perbuatan, perkataan serta sikap yang kontra produktif sehingga personel Polresta Tidore bisa menjadi personel Polri yang mencintai dan dicintai oleh masyarakat.

Sementara, Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dalam kesemoatan tersebut menyampaikan selamat datang kepada Kapolda Maluku Utara Bapak Irjen Pol. Midi Siswoko, S.IK bersama Ibu dan Rombongan di Kota Tidore Kepulauan, semoga kedatangan Bapak pada hari ini menjadi sebuah awal kerjasama yang baik antara Kepolisian Daerah Maluku Utara dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan di masa-masa mendatang.

“Terima kasih kami sampaikan atas Peningkatan Tipe Polres Tidore menjadi Polresta Tidore. Terima kasih untuk upaya dan langkah-langkah yang sudah ditempuh selama ini sehingga Polresta Tidore dapat diresmikan pada hari ini. Semoga dengan adanya peningkatan ini akan turut membawa peningkatan kualitas pada sektor-sektor lainnya di Kota Tidore Kepulauan sehingga Tidore akan selalu dalam keadaan yang aman, nyaman dan masyarakatnya sejahtera,” Ucap Ali Ibrahim.

Pada kesempatan yang sama juga dilangsungkan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan Polresta Tidore, tentang Kerjasama Pendidikan dan Pelatihan dalam Rangka Pembinaan dan Peningkatan SDM pada Rekrutmen Calon Anggota POLRI, sebagai sarana untuk menjaga dan mempererat hubungan dan tali silaturahmi antara keduanya. Walikota dua periode ini mengharapkan agar adanya bermanfaat dalam mewujudkan kesamaan pandang terhadap upaya dan langkah yang diperlukan dalam rangka pembinaan dan peningkatan SDM pada rekruitmen calon anggota Polri.

“Keberadaan Sekolah Polisi Negara di Pulau Tidore dan peningkatan tipe Polres ke Polresta, menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami dan seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan. Dengan momentum ini, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan memandang perlu melakukan terobosan dan kolaborasi bersama Polda dan Polresta untuk mendukung tersedianya SDM yang unggul bagi calon anggota Polri saat ini maupun yang akan datang, khususnya putera-puteri terbaik Kota Tidore Kepulauan,” Imbuh Ali Ibrahim.

Dan untuk mendukung pengembangan program UMKM Polda Maluku Utara, serta ikut mendorong dan membantu pemerintah daerah guna peningkatan perekonomian di Malut, di halaman Kantor Polresta Tidore juga dijejerkan berbagai stand UMKM dari Kota Tidore Kepulauan yang menjual berbagai produk lokal Kota Tidore Kepulauan dan Maluku Utara pada umumnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *