HALBAR  

Program TEKAD Dorong Ekonomi Desa dan Wisata di Halbar

Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid || Dok : iin afriyanti

BORERO.ID HALBAR—Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Madjid, berharap kehadiraan program TEKAD dapat meningkatkan ekonomi Desa dan wisata Desa.

Taufik mengatakan, di Kabupaten Halmehara Barat (Halbar) lewat program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) ini tentu dapat memberi dampak sosial yakni  peningkatan ekonomi Desa dan wisata. Karena pengolahan TEKAD  telah  diserahkan sepenuhnya kepada Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

“Karena BumDes merupakan salah satu instrumen perekonomian yang ada di desa,” kata Taufik kepada wartawan saat kuker di Desa Jarakore, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halbar, Senin(4/9/2023) siang.

Sementara menyangkut Agrowisata di Desa Jarakore, kata Taufik, pendekatannya kawasan dengan sistem filter wilayah Desa-Desa tetangga. Untuk itu, ia berharap penetapan kawasan pedesaan sesuai kebijakan dari Kemendes itu supaya ada kebijakan dari pemerintah daerah terkait pengembangan Agrowisata.

” Mari bersama bantu Desa dan Pemda harus betul-betul mengangkat potensi di kabupaten Halbar, baik potensi wisata, perikanan, perkebunan, semua kita angkat guna menambah perkembangan ekonomi bagi masyarakat Halbar,” ujarnya.

Taufik menambahkan, program untuk mendukung ekonomi Desa dan Desa wisata ini sangat efektif.

” Adapun bentuk kolaborasi mendukung program Tekad dengan pihak kepolisian yang lahannya dipinjam pakai oleh kelompok untuk program tekad, maka kami berharap semua berjalan dengan baik,” tandasnya. (*)

Penulis : Iin Afriyanti

Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *