Terkendala Armada, Potong Pohon Tak Bayar ke DLH Ternate

Petugas memotong pohon di kelurahan stadion/kadis DLH Tonny S Pontoh saat diwawancarai (Dok : borero.id)

BORERO.ID TERNATE — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate tetap berupaya melayani keluhan masyarakat terkait pemotongan pohon meski keterbatasan armada dan petugas satgas. DLH juga membantah terakit isu pemotongan pohon harus dibayar oleh warga Kota Ternate.

” DLH masih memiliki keterbatasan armada dan satgas potong pohon, tetapi kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk melayani pengaduan masyarakat,” kata Kadis DLH Tonny S Pontoh, saat memantu pemotongan pohon di Kelurahan Stadion,  Rabu (15/02/2023).

Ia menuturkan, armada memotong pohon yang dimiliki DLH sejauh ini hanya 1 unit mobil sedangkan untuk satgas sebanyak 12 orang. Pihaknya berharap kepada masyarakat agar lebih sabar ketika pengaduan yang masuk dalam daftar antrian belum ditindaklanjuti. Menurutnya, Pemerintah Kota Ternate tetap berusaha melayani walaupun keterbatasan armada. ” Karena tidak mungkin dalam sehari bisa selesaikan 10 pengaduan, tetapi DLH tetap berupaya menyelesaikan persoalan ini. Apalagi keluhan itu ditambah dengan kejadian alam yang tidak bisa diprediksi sehingga menyebabkan sejumlah pohon tumbang saat ini namun DLH tetap bekerja. Jadi masyarakat yang mengadu harus bersabar,” ujarnya.

Tonny juga membantah terkait isu pemotongan pohon harus dibayar ke DLH. Hal ini tidak benar, justru sebaliknya diberlakukan secara gratis.  “Kalau ada petugas ang minta uang saya pecat, tidak ada permintaan/pungutan apapun.  Tapi kalau ada yang keikhlasan lalu diberikan roko ke petugas silahkan,” katanya seraya menambahkan ketegasan ini diberlakukan sejak awal pasca dirinya lantik Kadis DLH Kota Ternate.

Ia menambahkan,  prosedur untuk pengaduan pemotongan pohon dari masyarakat harus melalui kantor Kelurahan. Selajutnya pihak Kelurahan menyurat ke DLH supaya diketahui. ” Jika sudah ada surat pengaduan dari kelurahan yang masuk daftar antrian, selajutnya baru ditindaklanjuti,” tambah Tonny. (Red)