TIDORE  

TPID Kota Tikep Mengikuti Zoom Pembahasan Pengendali Harga Cabai

BORERO.ID – Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tidore Kepulauan mengikuti zoom meeting Rapat Pembahasan Upaya Pengendalian Harga Komoditas Cabai Merah dan Bawang Merah bersama Petani Champion, di Ruang Rapat Wali Kota, Kamis (6/6/2024).

Kementerian Pertanian menggandeng Petani Champion untuk menjadi investor di daerah yang kerap mengalami defisit pangan di sektor cabai merah dan bawang merah. Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi melalui virtual meeting yang juga diikuti oleh Sekretaris Itjen Kemendagri Ahmad Husin Tambunan.

Adapun, kerjasama itu dilakukan guna mengatasi problem tahunan kenaikan harga komoditas cabai merah dan bawang merah yang rutin menyumbang inflasi di daerah. Hal tersebut, sesuai dengan arahan dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang menginginkan daerah mempunyai sistem permanen dalam pengendalian inflasi, terutama yang berkaitan dengan kenaikan harga bahan pokok.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), cabai merah dan bawang merah menjadi salah satu penyumbang inflasi tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian, Inti Pertiwi Nashwari dalam Rapat tersebut menyampaikan, kerjasama dengan Petani Champion merupakan langkah konkret dan berbagi peran dalam mengendalikan inflasi secara permanen.

Oleh karena itu, diharapkan daerah-daerah yang mengalami defisit pangan bisa berpartisipasi aktif dan bekerjasama dengan baik bersama pihak Champion.

“Champion nantinya bisa berperan sebagai mentor, pembina, pembimbing, pendamping untuk melatih petani lokal setempat dalam membudidayakan bawang merah di wilayah defisit,” ujarnya.

Sementara itu, terdapat 4 hal yang harus disiapkan berkaitan dengan akan dilaksanakannya kerja sama antara Champion Komoditas Cabai Merah dan Bawang Merah dengan daerah yang mengalami defisit pangan.

Diantaranya, Pemda menyiapkan calon lahan dan calon petani untuk selanjutnya dibina oleh Champion. Pemda atau pusat dapat memfasilitasi gudang penyimpanan dan coldstorage.

Selanjutnya, pemda menyiapkan offtaker/pedagang besar yang siap menerima barang serta memfasilitasi gudang penyimpanan. Pemda memastikan lahan clear and clean serta memenuhi persyaratan teknis untuk budidaya bawang merah dan cabai merah. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *