Uji SOP BPBD Ternate Bersama BWS Malut

Apel bersama di lapangan ngaralamo salero kota ternate (dok : gandi/borero.id)

BORERO.ID TERNATE – Uji Standar Oprasional Pelayanan (SOP) penanganan bencana BPBD Kota Ternate dan BWS Malut Kementerian PUPR RI melakukan apel bersama, Kamis (17/11/2022).

Kepala BPBD Kota Ternate, Ihsan Hi. Hamzah mengatakan, SOP penanganan bencana masing-masing pihak, namun harus diuji agar bisa mengetahui posisi kerja masing-masing mulai dari para bencana sampai pasca bencana. “Apel ini juga dilakukan karena adanya instruksi dari Kemendagri, berdasarkan rilis dari BMKG di wilayah Indonesia bakal terdampak badai lalinana. Sehingga otomatis akan terjadinya intensitas musim hujan dan sebagainya,” kata Ihsan.

Dari itulah Pemkot Ternate beserta instansi kementerian PUPR yang ada di daerah, harus segera mengambil langkah. Hal ini langsung direspon cepat pihaknya untuk mengambil langkah ini dengan membentuk regulasinya. “Wali Kota Ternate juga sudah mengeluarkan SK siaga daruratnya, dan bagian lainnya itu tinggal menguji SOP seperti lakukan apel bersama dan simulasi,” ujarnya.

Lanjut dia, tujuan akhir dari kegiatan ini adalah bagiman menguji sejauh mana kesiapan Pemkot Ternate dan pihak stekholder.

“Tadi ini berdasarkan laporan itu, saya nyatakan Pemkot Ternate siap bersama dengan stekholder lainnya. Bahkan, semua ini berdasarkan dengan kesiapan dukungan personil dan peralatan saat nanti menangani bencana tiba, ” pungkasnya. (Gan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *