TIDORE  

Wali Kota Buka Bimtek Katalog Elektronik, Begini Manfaatnya

Foto bersama kegiatan sosialisasi kebijakan katalog Elektronik dan Bimbingan Teknis yang berlangsung di Aula Nuku Kantor Wali Kota Tidore (Dok : borero.id)

BORERO.ID TIDORE –  Wali Kota Capt, H. Ali Ibrahim membuka sosialisasi kebijakan Katalog Elektronik dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencantuman Barang/Jasa pada katalog elektronik lokal yang berlangsung di Aula Nuku Kantor Wali Kota Tidore, Selasa (7/3/2023).

Wali Kota mengatakan, katalog elektronik dibangun dan dikembangkan oleh LKPP. Tentunya, Pemerintah Daerah mengapresiasi karena dapat menjawab tantangan layanan pemerintahan di era digital saat ini. Tentu masyarakat membutuhkan pelayanan cepat, mudah dan transparan maka kehadiran Katalog Elektronik Lokal di Kota Tidore Kepulauan yang dibuat LKPP hingga telah tersedia 20 etalase. Dimana mampu menggairahkan dan menciptakan geliat dan kompetisi diantara pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Koperasi Menengah (UMKM) untuk berpartisipasi sebagai penyedia yang mensuplay barang/jasa yang dibutuhkan Pemerintah Daerah.

Menurut dia, adanya katalog lokal ini sehingga dikeluarkan instruksi Wali Kota bulan Desember 2022 lalu yang mewajibkan SKPD melakukan belanja secara E-Purchasing untuk barang/jasa yang tersedia pada 2 Etalase. Diantaranya etalase makanan dan minuman dan etalase alat tulis kantor. “Karena instruksi ini selain menjalankan amanah regulasi pengadaan, juga menjadi ajang pembelajaran bagi SKPD untuk mengenal lebih dalam tentang E-Katalog dan terbiasa melakukan belanja di E-Katalog dengan harapan kedepan kewajiban belanja E-Katalog terus dikembangkan untuk barang/jasa yang ada di Etalase-Etalase lain yang telah tersedia,”  katanya. 

Wali Kota Tidore Kepulauan dua periode ini berharap para pimpinan OPD maupun peserta bimtek agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan  serius. “Saya harap kegiatan ini nantinya dapat memberikan terbaik kedepan untuk kota Tidore terutama dalam proses pembelanjaan melalui e-katalog lokal itu sendiri,” harap Ali.

Kepala Bagian Barang/Jasa Setda Kota Tidore Kepulauan Wahid Saraha mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas penentuan dari LKPP bahwa Kota Tidore sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi dan bimtek pengelolaan katalog lokal yang wajib diikuti oleh pimpinan OPD, Kecamatan, Kelurahan dan staf yang mengurusi e-katalog di seluruh instansi Pemerintah Kota Tidore,

“ Kita sama-sama belajar bagaiman caranya menginput produk e-katalog dan bagaimana cara belanja pada e-katalog, kami juga berharap kepada pimpinan OPD agar dapat mengikuti sosialisasi kebijakan katalog ini sehingga kita dapat memiliki pemahaman bersama berkaitan dengan dengan katalog lokal tersebut,” kata Wahid.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber analisis kebijakan muda dan wakil ketua Tim Pengelolaan Katalog Sektoral Febrita Sidabalok. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *