22 Desember, Operasi Lilin Kie Raha Natal dan Tahun Baru 2024 Digelar

Usai rapat koordinasi lintas sektoral terkait Operasi Lilin Kie Raha 2023 || Foto : istimewa

BORER0.ID TERNATE– Menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polda Maluku Utara menggelar rapat koordinasi lintas sektoral terkait Operasi Lilin Kie Raha 2023, Selasa (12/12/2023).

Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko dalam sambutannya dibacakan oleh Irwasda Polda Malut, menyampaikan rapat ini bertujuan membahas kesiapan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Ia menekankan bahwa perayaan ini merupakan momen penting bagi umat Nasrani sering diidentikan dengan “mudik” pulang kampung dan silaturahmi keluarga.

Dalam rapat tersebut dibahas pula tantangan dihadapi selama perayaan, termasuk peningkatan arus lalu lintas, potensi kepadatan, dan meningkatnya kriminalitas. Untuk itu, Kapolda menegaskan Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat, khususnya Polda Malut, telah mempersiapkan diri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Operasi Lilin Kie Raha 2023 akan  berlangsung selama 12 hari, dimulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Fokus utama operasi ini adalah kegiatan pencegahan,”ujarnya.

Lebih lanjut, kerjasama antar instansi dan mitra kamtibmas diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, memastikan perayaan berjalan dengan tertib dan kondusif, sehingga masyarakat dapat beribadah tanpa rasa resah.

“ Beberapa poin penting perlu diperhatikan, termasuk ketersediaan bahan pangan, distribusi bahan bakar minyak, kelengkapan moda transportasi, dan antisipasi terhadap potensi kerawanan seperti bencana alam,” kata Kapolda mengakhiri. (*)