HALBAR  

APS-APK Wilayah Halbar Mulai Ditertibkan

Bawaslu Halbar saat menggelar rapat koordinasi antar stakeholder || Foto : Iin Afriyanti

BORERO.ID HALBAR – Bawaslu Kabupaten  Halmahera Barat (Halbar) menggelar rapat koordinasi antar Stakeholder terkait  Penertiban Alat Praga Sosialisai (APS) dan Alat Peraga Kampanye (APK) pada Pemilu 2024.

Rapat Koordinasi ini berlangsung di ruang rapat Bawaslu Halbar yang melibatkan Kepolisian, KPU dan Partai Politik.

Ketua Bawaslu Nimbrot Lasa mengatakan berdasarkan instruksi dari Bawaslu RI dan Bawaslu Maluku Utara tentang penertiban APS dan APK di Kabupaten Halbar.  ” Edaran terkait penertiban APS dan APK dari Bawaslu RI dan Bawaslu Malut sehingga hari ini Bawaslu Halbar melakukan rapat koordinasi stakehorder bersama partai politik,” Katanya, Selasa (31/10/2023).

Nimbrot menambahkan, pemasangan APS atau APK sebelum jadwal kampanye ini sudah melanggar PKPU nomor 15 tahun 2023 tentang kampanye. Untuk itu Bawaslu Halbar harus melakukan penertiban. “Kami bawaslu hanya mengawasi PKPU nomor 15 tahun 2023 itu, supaya peserta pemilu bisa taat terhadap larang-larangan kampanye atau ketentuan tahapan-tahapan kampanye,” ujar Nimbrot.

Kordiv Devisi Hukum, Pencegahan dan Parmas, Helni Rosiana Amo menambahkan, dari hasil rapat bersama stakeholder, Partai Politik telah mendatanganan berita acara penertibat APS dan APK. “Jadi ada tiga poin kesepakatan penertiban APS dan APK,” katanya.

Tiga poin itu yang pertama, partai politik tingkat kabupaten agar menertipkan Alat praga Sosialosai atau alat praga kampanye sejak tanggal 31 Oktober sampai 1 November 2023 secara mandiri. Poin dua, apabila sampai tanggal 1 November 2023 menurunkan APS atau APK partai politik secara mandiri, maka di tanggal 2 november 2023 dari pihak kepolisian dan satpol PP yang akan menertibkan APS dan APK

Poin tiga, Partai Politik tingkat kabupaten akan memasang APK kembali pada tanggal 28 November 2023. Mantan Panwascam ini juga mengatakan, hasil rakor ini akan ditindaklanjuti oleh Panwascam setempat mulai besok.

“Jadi penertiban ini dilakukan secara serentak di semua 9 Kecamatan pada tanggal 2 November 2023,” ujarnya.

“Secara keseluruah kurang lebih ratusan APS dan APK yang berada di semua Kecamatan, tetapi paling terbanyak itu di Kecamatan Jailolo dan Jailolo Selatan,” sambung Halni. (*)

Penulis : Iin Afriyanti

Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *