Bahas Antisipasi Konflik Jelang Pemilu 2024 di Maluku Utara

Pelaksanaan PKDN Serdik Sespimti selain di Polda Malut, juga dilaksanakan pendalaman di KPUD Provinsi Malut. (Dok : istimewa)

BORERO.ID TERNATE—Peserta Didik Sekolah Pimpinan Tinggi (Serdik Sespimti) Polri Dikreg ke-32 tahun 2023, melaksanakan Praktek Kerja Dalam Negeri (PKDN) di Maluku Utara. Peserta ini melibatkan perwira TNI-Polri akan membahas langkah-langkah antisipasi konflik jelang Pemilu Tahun 2024.

Seperti diketahui, PKDN Serdik Sespimti Polri di Maluku Utara digelar 24 Juli kemarin sampai 28 Juli 2023. Diikuti sebanyak 7 peserta diantaranya, Kombes Pol. Sunarto, Kombes Pol. Ferdinan Pasaribu,Kombes Pol. Partomo Iriananto, Kombes Pol. Prianto Teguh Nugroho, Kombes Pol. Joni Iskandar,Kombes Pol. Didik Supranoto, dan Kolonel Inf. Ilham Yunus.

Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko, saat membuka kegiatan mengaku, suatu kebanggaan atas dilaksanakan PKDN di Polda Maluku Utara. Sebab, sespimti merupakan lembaga pendidikan yang nanti mengeluarkan calon perwira tinggi. Oleh karena itu, kata Kapolda, mindset nantinya mengawali jabatan penting ini untuk membawa Bangsa dan Negara Indonesia maju kedepan di tengah persaingan ekonomi dunia.

“TNI dan Polri adalah garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa ini sehingga soliditas dan sinergitas harus terjaga dengan baik” ujar Kapolda.

” Melalui kegiatan ini, para peserta didik mampu merumuskan pokok permasalahan serta menemukan usulan solusi serta memberikan masukan positif terhadap Polri, khususnya polda maluku utara dalam menjaga stabilitas kamtibmas dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024″ tambah Kapolda Malut.

Pelaksanaan PKDN Serdik Sespimti di Maluku Utara, selain di Polda Maluku Utara juga dilaksanakan pendalaman di Korem 152 Babullah, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, KPU Maluku Utara, Bawaslu Maluku Utara, Kesultanan Ternate dan Instansi terkait guna membahas langkah antisipasi konflik jelang Pemilu 2024.

Serdik Sespimti Polri Digreg Ke-32 Tahun 2023 diwakili Kombes Pol. Partomo Iriananto, dalam pendalaman di berbagai instansi menjelaskan, PKDN ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam proses belajar di Sespimti Polri. Dimana sebelumnya pihaknya sudah melaksanakan Praktek Kerja Luar Negeri.

“Kita dari kelompok 12, mendapat wilayah Provinsi Maluku Utara untuk melaksanakan PKDN dengan tema Strategi Pengelolaan Dinamika Kamtibmas guna menghadapi pesta Demokrasi Tahun 2024 dalam rangka Indonesia Maju” kata dia.

Menurutnya, dari hasil pendalaman dan diskusi terhadap tema tersebut, pihaknya akan membuat produk naskah tulisan nantinya dijadikan rekomendasi kepada Pemerintah Provinsi dan Polda Maluku Utara.

” Sehingga itu dapat memberikan masukan untuk mengantisipasi konflik sosial, utamanya dalam pemeliharaan kamtibmas pemilu 2024″ kata Kombes Pol. Partomo. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *