Besok, Lurah-Lurah di Ternate “Lengser”

Ilustrasi pelantikan pejabat

BORERO.ID TERNATE– Pelantikan puluhan pejabat eselon III dan IV termasuk puluhan  Kepala Kelurahan di lingkup Pemerintah Kota Ternate segara dilakukan. Rencananya, Selasa 1 November 2022 besok ini Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman melantik puluhan pejabat dan Lurah tersebut.

Dihimpun jurnalis borero.id, totalnya kurang lebih 67 pejabat akan dilantik oleh Sekda Yusuf Sunya yang mewakili Wali Kota. Untuk pejabat Kelurahan khususnya di Kecamatan Ternate Utara seperti Kelurahan Tarau, Sango, Tabam, dan Tafure dipastikan diganti dengan pejabat lurah baru. Tak hanya Lurah di Ternate Utara, berbagai Lurah-Lurah di sejumlah Kecamatan Kota Ternate juga diganti alias lengser atau non-jobkan.

Pelantikan puluhan pejabat serta Lurah ini setelah melalui evaluasi mendalam yang dilakukan beberapa waktu lalu. Meski demikian dari puluhan pejabat ini adapula mendapat promosi jebatan dan di non-jobkan.

Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly dikonfimarasi, Selasa (30/10/2022) sore, membenarkan  agenda pelantikan puluhan pejabat ini. Dia menjelaskan,sebanyak 67 pejabat  akan dilantik diantaranya,  pegawai esalon IV sebanyak 5 orang yang naik ke esalon III. Sedangkan esalon IV berjumlah 35 orang. “ Sementara sekitar 23 orang adalah penjabat dari Kelurahan akan dilantik besok (rabu),” ungkapnya.

Undangan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi pejabat di lingkup Pemkot Ternate tanggal 1 November 2022 (Dok : borero.id)

Samin mengaku, puluhan Lurah akan dilantik itu, tentunya juga bagian dari promosi jabatan. Meski demikian namun ada juga yang di non-job. Hanya saja ia enggan menyebut secara pasti berapa banyak Lurah akan di non job.

“ Yang jelas ada yang non job. Ada yang promosi, kemudian ada juga pengisian kekosongan jabatan, misalnya Kota Baru,” katanya.

Menurut  dia, para lurah dilantik  maupun yang di non job ini berdasarkan hasil evaluasi dari masing -masing Kecamatan.

“ Dari evaluasi dan usulan dari Camat ini menjadi dasar untuk dikaji, dan digodok, kemudian melahirkan keputusan besok ini,” jelas Samin menghiri.  (Red/Gan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *