Bupati Rencana Hapus Pokir DPRD Halbar

Anggota DPRD Halbar Albert Hama || Foto : Iin Afriyanti

BORERO.ID HALBAR — Bupati Halmahera Barat (Halbar), James Uang, berencana menghapus anggaran Pokok Pikiran (Pokir) di DPRD Halbar.

“Jadi 2024 ini tidak ada lagi dana Pokir di DPRD,” ujarnya kepada wartawan Senin (29/1/2024) kemarin.

Menurut Bupati, anggaran Pokir DPRD Halbar menambah defisit APBD termasuk Pokir unsur pimpinan.

“Termasuk pokir dari Wakil Ketua II DPRD Halbar Riswan Hi. Kadam, itu menambah defisit APBD Halbar.  Pokirnya itu sangat banyak jadi jangan dia berkicau sembarangan,”tegas Bupati Halbar.

Rencana penghapusan anggaran Pokir 2024 ini direspon anggota DPRD Albert Hama. Albert menyetujui kebijakan Bupati James Uang untuk mentiadakan anggaran Pokir DPRD Halbar tersebut.

“Terkait dana pokir melalui reses ke masyarakat ini tetapi menjadi beban anggaran pemilu. Kemudian juga gaji PPPK itu sangat menjadi prioritas, karena pemilu adalah hajatan nasional dan juga gaji PPPK adalah hak para pekerja non ASN,” katanya.

Menurut Albert, beban Pemda Halbar pada 2024 ini sangat banyak sehingga paling tidak mengurangi beban keuangan Daerah. Untuk itu, 25 anggota DPRD harus merelakan rencana ditiadakannya anggaran Pokir tersebut.

“ Terkait rencana dihilangkan pokir, saya dari fraksi PKB sangat menyetujui dan mendukung pada tahun 2024 ini,” tandasnya. (*)

Penulis : Iin Afriyanti

Editor : Sandin Ar