Cek Fakta Pemilu 2024, Bawaslu dan AMSI Maluku Utara Bersinergi

Foto bersama Bawaslu Provinsi Malut AMSI Malut usai penandatanganan MoU tentang Cek Fakta Pemilu 2024 || dok : istimewa

BORERO.ID TERNATE-Bawaslu Provinsi Maluku Utara dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Maluku Utara melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Cek Fakta Pemilu dan Pemilihan 2024 di Regional Indonesia Timur. Acara tersebut berlangsung di Red Star Resto, Ternate, pada tanggal 2 Agustus 2023.

Ketua Bawaslu Maluku Utara, Masita Nawawi Gani, berharap kerja sama ini dapat membantu Bawaslu dalam melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi. “Kerja sama ini akan membantu kami memaksimalkan pencegahan dan pengawasan pemilu,” kata Masita.

Masita menjelaskan bahwa saat ini banyak berita bohong yang beredar di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp. Oleh karena itu, ia berharap AMSI dapat membantu Bawaslu dalam memverifikasi berita palsu, ujaran kebencian, dan isu sara selama tahapan pemilu berlangsung. “Bawaslu Maluku Utara berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas Pemilu yang lebih berkualitas,” kata Masita.

Sementara itu, Ketua AMSI Maluku Utara, Wendi Wambes, menjelaskan bahwa cek fakta merupakan program AMSI Nasional yang diperluas ke daerah. Oleh karena itu, AMSI Maluku Utara memulai program tersebut dengan bekerja sama dengan Bawaslu selama tahun pemilu.

“Saya berterima kasih atas dukungan dari Bawaslu Provinsi Maluku Utara untuk program Cek Fakta yang ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU. AMSI akan melaksanakan sejumlah Agenda Cek Fakta bersama Bawaslu dan Stakeholder terkait untuk kepentingan Pemilu dan Pemilihan di tahun 2024,” kata Wendi.

Setelah MoU, AMSI Maluku Utara akan menyelenggarakan FDG Cek Fakta bersama Google, AJI, dan Mafindo serta membentuk Satgas Cek Fakta pada 19 Agustus 2023 yang melibatkan Bawaslu, KPU, TNI/Polri, Lembaga Pemerintah Terkait, Universitas, Ormas, dan mengundang semua Ketua AMSI Wilayah Timur.

Selanjutnya, pada bulan September, AMSI Maluku Utara juga akan mengadakan Workshop trainer dan tim Ahli sekaligus praktek Live Cek Fakta. Kemudian di bulan Oktober, akan dilaksanakan Festival Cek Fakta. “MoU ini menandakan dimulainya program Cek Fakta Pemilu dan Pemilihan 2024 di regional Indonesia Timur,” tandasnya. (*)

Penulis : Tim

Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *