Cuaca Buruk, Fraksi PKB Himbau Masyarakat Ternate Lebih Waspada 

Ilustrasi kondisi cuaca laut/juru bicara fraksi PKB Ternate, Farijal Teng || Dok : istimewa

BORERO.ID TERNATE–Cuaca buruk disertai musim hujan dan angin kencang yang terjadi beberapa hari ini patut diwaspadai dalam beraktifitas khususnya bagi masyarakat Kota Ternate.

Apalagi masyarakat sering kali beraktifitas di jalur laut. Sebab kondisi cuaca saat ini berdasarkan data BMKG potensi gelombang laut mencapai ketinggian 2 sampai 3 meter.

” Untuk itu, kami menghimbau kepada masyarakat khususnya bagi nelayan dan motoris serta kapal yang memiliki GT kecil untuk sementara waktu lebih berhati-hati dalam melaksanakan aktifitas di laut,” kata juru bicara Fraksi PKB, Farijal Teng, Senin (22/1/2024).

Anggota DPRD Kota Ternate ini juga menyeroti peran KSOP agar melakukan pengawasan berlayar dimaksimalkan dalam kondisi cuaca saat ini. Ia meminta pengawasan dilakukan terhadap semua lebih ditingkatkan, baik kapal besar maupun kapal yang GT kecil.

” Izin berlayar perlu dilihat dengan situasi cuaca sesuai himbauan BMKG sebagai pedoman untuk melaksanakan aktifitas pelayaran di laut. Selain itu, KSOP harus siap siaga memeriksa alat keselamtan setiap motoris akan berlayar. Seperti pelampung dan life jaket,” ujarnya.

Farijal yang juga Calon Legisltaif (Caleg) Dapil 1 Ternate Tengah dari  Partai PKB ini berharap kepada masyarakat apabila kondisi laut tidak memungkinkan jangan memaksa beraktifitas untuk berlayar.  ” Ini sebagai langkah ikhtiar untuk keselamatan kita bersama,” pintahnya.

Juru bicara Fraksi PKB Ternate, Farijal Teng, || Foto : istimewa

Selain itu, bagi masyarakat Kota Ternate yang beraktifitas di darat juga perlu berhati-hati dalam berkendaraan dan beraktifitas saat musim penghujanan karena potensi rentan tenjadinya pohon tumbang dan tanah longsor.

” Kami juga meminta Dinas terkait agar tetap memantau kondisi di Kota Ternate dalam situasi cuaca saat ini. Karena perlu mewaspadai pohon yang rentan roboh di sepanjang, dan area rawan longsor,” tandas Farijal. (*)