Dukcapil Ternate Percepat Layanan KTP dengan Salam 5 Menit

KTP eltokronik/Kantor Dukcapil Kota Ternate || Foto desain : dnx/borero.id

BORERO.ID TERNATE–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate bakal meningkatkan pelayanan atau pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dengan Salam 5 menit.

Percepatan pelayanan tersebut bagian dari menindaklanjuti arahan Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman dengan tujuan lebih mempermudah pelayanan ke masyarakat di wilayah Kota Ternate. Percepatan pelayanan ini bahkan mulai diberlakukan tanggal 15 November 2023.

Plt Kepala Dinas Dukcapil Kota Ternate, Hilman Silawane, mengatakan pelayanan  administrasi kependudukan yang berkualitas merupakan salah satu indikator kualitas layanan publik di suatu daerah. Dukcapil menyedari hal itu serta adanya keinginan Wali Kota Ternate untuk mempermudah atau mempercepat layanan adminduk di Kota Ternate. ” Untuk itu mulai 5 November ini, kami memberlakukan Salam 5 menit untuk layanan percetakan KTP elektronik,” katanya kepada media ini, Rabu (15/11/2023).

Hilman menjelaskan bahwa inovasi ini memungkinkan masyarakat untuk langsung mendapatkan KTP elektroniknya setelah yang bersangkutan mengaktifasi identitas kependudukan digital di HP-nya tanpa harus menunggu 1×24 jam. ” Inovasi ini kami harap dapat membantu warga Kota Ternate terutama sangat membutuhkan KTP karena urusan mendesak,” ujarnya.

Hilman berharap, lahirnya inovasi ini sangat diharapkan menjadi momentum perubahan dan perbaikan layanan Dukcapil Kota Ternate. Pihaknya juga berharap ada dukungan masyarakat serta dapat memberikan masukan atau saran ke Dukcapil Kota Ternate. ” Semoga inovasi ini dapat memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi masyarakat di Kota Ternate,” tandasnya. (*)

Penulis*: dnx

Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *