Fisip UMMU Belajar Bersama Masyarakat Pulau di Tidore

Kegiatan belajar bersama di desa akebay pulau maitara, kota tidore kepulauan (Dok : istimewa)

BORERO.ID TERNATE— Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Univeristas Muhammadiyah Maluku Utara (Fisip UMMU), menggelar belajar bersama dengan melibatkan tujuh Program Studi (Prodi).  Kegiatan kolaborasi bertajuk ” Belajar Bersama Masyarakat Pulau,” ini juga melibatkan Fakultas Agama Islam (FAI) UMMU berlangsung di Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan, Minggu (14/5/2023).

Dekan Fisip UMMU melalui ketua Prodi Sosiologi, Amrul Djana, menyatakan kegiatan kolaborasi tersebut tidak hanya membangun kebersamaan antara sesama mahasiswa, tetapi juga sesama dosen yang berlangsung seadanya.

“Kegiatan itu melibatkan dosen dan mahasiswa FISIP maupun FAI yang saling berbaur. Tidak hanya berinteraksi semata, tetapi juga membangun solidaritas sosial,” katannya.

Meski kegiatan itu berlangsung hanya beberapa jam di Desa Akebay Pulau Maitara, menurut Amrul, dapat membangun suatu relasi kerjasama terutama dalam proses pembelajaran di lapangan. Untuk itu, kegiatan kolaborasi di lingkungan UMMU ini dibuat pertama kali, kedepan perlu dikembangkan terus menurus. Tujuanya, semata-mata  menguatkan dan merawat nilai kohesivitas di kalangan mahasiswa dan dosen.

“ Sebab, ditengah kondisi sosial dimana perilaku saling cuek begitu tumbuh subur, karena masing-masing orang sibuk dengan gadget dan media sosial terutama di kalangan mahasiswa. Maka kegiatan kolaborasi ini paling tidak meminimalisir kondisi cuek yang menggejala itu,” tuturnya.

Amrul berharap, kegiatan ini harus berjalan terus dan menjadi agenda tahunan bagi sivitas akademika di lingkungan UMMU.  ” Ini juga dalam rangka meningkatkan performa UMMU dimasa-masa mendatang,” kata dia. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *