Gelandang Malut United Optimis Kembali Bertanding Usai Pemulihan Operasi

Gelandang Malut United, Ichlasul Qadri, setelah menjelani operasi pada Kamis (21-12-2023)

BORERO SPORT— “Saya yakin 100 persen akan pulih dan menjadi semakin kuat saat kembali bermain bersama Malut United,”.

Demikian optimisme diutarakan gelandang Malut United, Ichlasul Qadri, setelah menjalani operasi perbaikan meniscus di Orthosports & Wellness Center Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, pada Kamis (21/12/2023).

Qadri menceritakan bahwa operasi meniscus repair yang ia jalani berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam. Lalu, dia langsung memulai program pemulihan secara bertahap, sehari setelah operasi.

Meski baru beberapa hari menjalani terapi pemulihan, pesepak bola asal Maluku Utara ini sudah menunjukkan perkembangan. Kondisi tersebut bisa terjadi karena Qadri memiliki keinginan kuat untuk segera pulih dan kembali beraksi di lapangan hijau bersama Laskar Kie Raha.

Terlihat sebelum operasi, Qadri tetap menjaga kondisi dengan berlatih secara individu, baik di lapangan latihan maupun ruang gym.

Dukungan dari rekan setim, pelatih, dan manajemen juga menguatkan mentalitas Qadri yang masih harus menjalani program pemulihan hingga kembali fit dan siap bermain. “Saya ingin segera berlatih dan berjuang bersama teman-teman di Malut United,” kata Qadri pada hari kedua pemulihan, Sabtu (23/12/2023).

Ketika mengungkapkan motivasi tersebut, Qadri sudah diizinkan dokter untuk meninggalkan rumah sakit dengan catatan tetap menjalani terapi sesuai jadwal yang ditentukan.

Qadri kali terakhir tampil di laga resmi saat Malut United menjamu Nusantara United pada putaran pertama Pegadaian Liga 2 2023-2024 (9 Oktober 2023). Kala itu, dia masuk dari bangku cadangan, menggantikan pemain U21, Pramoedya Putra Suhardi, pada awal babak kedua.

Ketika masuk ke lapangan, Qadri berada dalam kondisi fit. Dia mulai merasakan sakit di bagian lutut setelah berbenturan dengan pemain lawan pada 10 menit akhir pertandingan.

Laga Malut United vs Nusantara United di Stadion Wibawa Mukti tengah berkedudukan 1-1 saat itu. Jatah pergantian 5 pemain sudah habis ketika Qadri mulai mengalami cedera sehingga tak ada pilihan selain tetap bermain dan berjuang melawan rasa sakit.

Qadri yang dilanda cedera justru berhasil mencetak gol penentu kemenangan. Dia membobol gawang Nusantara United dengan sundulan, memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Ilham Udin Armaiyn. 

Air mata seketika mengalir di wajah Qadri seusai dirinya mencetak gol penentu yang mengantarkan Laskar Kie Raha menang 2-1 atas Nusantara United. 

Qadri belum bisa kembali membela Malut United selama menjalani proses pemulihan. Keinginan untuk segera merumput dan memberikan kontribusi tentu meluap dalam diri pemilik nomor punggung 8 tersebut.

Namun, Qadri sudah bisa mengatasi rasa penasaran dan mau bersabar hingga benar-benar pulih. Dia pun turut mendukung dan mendoakan perjuangan Malut United di babak 12 besar. “Saya berharap Malut United bisa mendapatkan hasil terbaik, yaitu lolos ke Liga 1,” ujar Qadri.

Malut United akan bersaing dengan FC Bekasi City, Persela Lamongan, dan Deltras FC saat mengarungi babak 12 besar yang dijadwalkan bergulir mulai 6 Januari hingga 3 Februari 2024.

Bagi Laskar Kie Raha, perjuangan di babak 12 besar bakal dimulai dengan laga kandang kontra Persela Lamongan pada Minggu (7/1/2024).  (*)