Jalan Politik Iqbal Alhadar ke DPRD Malut untuk Perjuangkan Sepak Bola

Foto : Iqbal Alhadar

BORERO.ID TERNATEIqbal Alhadar merupakan Calon Legislatif  (Caleg) DPRD Provinsi Maluku Utara (Malut) yang siap memperjuangkan kepentingan sepak bola dan masalah sosial lainnya. Sosok legenda Persiter ini bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Ternate-Halmahera Barat (Halbar) nomor urut 4 bersama Partai Garuda. Jalur politik dipilih Iqbal, karena banyak hal telah suarakan terutama kepentingan sepak bola namun hasilnya jauh dari harapan.

Iqbal berlatar belakang murni sebagai orang bola karena 15 Tahun membela tim Persiter Ternate. Jika terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi di pemilu 2024 ini, Iqbal berkomitmen memfokuskan dana Pokok Pikirannya (Pokir) demi kepentingan sepak bola dan masalah sosialnya lainnya di Dapil Ternate-Halbar.

Kepada borero.id, Minggu (28/1/2024), ia menyatakan persoalan pengembangan sepak bola mulai pemain usia dini, fasilitas club-SSB, anggaran pembinaan, pengembangan SDM pelatih, bahkan fasilitas lapangan latihan selama ini menjadi persoalan klasik, dan jarang mendapat perhatian DPRD dan Pemerintah secara serius.

 “ Padahal banyak anggaran di pemerintah, dan sangat jelas kerja-kerja anggota DPRD itu dibiayai lewat anggaran pokir. Inilah menjadi fokus program saya, dan persoalan sosial, ekonomi masyarakat, serta infrastruktur harus diperjuangkan,” katanya.

Mantan pengurus Pengda PSSI Malut ini menjelaskan, anggaran pokir melalui hasil reses itu bakal diprioritaskan pada program pengembangan sepakbola di setiap kelurahan atau Desa yang mempunyai Sekolah Sepak Bola (SSB). Mengappa fokusnya kesitu, kata dia, karena selama ini misalkan SBB itu setiap melatih anak didik kebutuhan bola tidak seimbang. Bola sedikit, anak-anak lebih banyak, belum lagi alat peraga latihan lainya sehingga latihan-pun tidak maksimal.

Harusnya seimbang, Iqbal mencotohkan, dimana anak didik 50, bolanya harus 50 buah, agar anak didik SSB  ini mendribel bola secara bersamaan tidak lagi menunggu atau menjadi tontonan dalam setiap latihan. Jika seperti ini, harapan pelatih dapat tercapai. “ Maka lewat dana pokir itu perlu didorong, supaya ada peningkatan pembinaa latihan di club bola dan SBB,” ujarnya.

Iqbal menegaskan bahwa sangat penting pengembangan sepak bola di Ternate dan Halbar harus mendapat perhatian secara serius. Karena dua Kabupaten/Kota Ternate menjadi centeral para atlit sepak bola bahkan sering kali direkrut memperkuat timnas Indonesia. Anehnya ketika ada persoalan, pemerintah seakan menutup mata. Contohnya, salah satu SSB di Kota Ternate sempat viral di media sosial belum lama ini saat mengikuti Piala Soeratin di Pulau Jawa karena masalah pendanaan. Jika dibiarkan, sama halnya mengubur mimpi anak-anak yang sebelumnya sudah bersusah payah latihan dan membuat mereka tidak akan berkembang dalam sepak bola.

“ Persoalan-persoalan inilah menjadi motifasi serta perhatian saya untuk bertarung di DPRD Provinsi sehingga perlu disuarkan dan didorong dalam penganggaran. Kalau saya tidak parlament, maka percuma selama ini saya sering bersuara,” tegasnya.

Lanjut Iqbal, belum lagi persoalan lapangan penyangka dengan kualitas rumpus yang bagus karena hampir semua lapangan di Kota Ternate maupun di Halbar, rumputnya biasa dan kondisi lapangan sering bergelombang. Hal ini tentu mempengaruhi setiap ivent ketika digelar dan mempengaruhi penerapan dasar-dasar latihan kepada anak didik di club dan SSB.  “ Ini juga penting dilihat. Karena saya orang bola sudah pasti berfikir tentang pengembangan sepak bola serta sarana-prasaranya,” kata capten Persiter terlama ini.

Karir Iqbal Alhadar selama di tim Persiter : Infografis borero.id

Selain itu, Iqbal juga menyatakan bahwa komitmennya untuk membijaki mendorong kembali pamor kejayaan Persiter Ternate, salah satu club sepak bola pernah eksis di Liga Indonesia sampai saat ini dicintai warga Maluku Utara. Menurutnya, dorongan ini butuh kebijakan di kursi parlement DPRD, sebab banyak perusahan tambang di Maluku Utara punya dana CSR.  Lewat dana CSR ini perlu diajak kerjasama menjadi sponsorsif kebangkitan Persiter Ternate.

“ Banyak perusahan tambang, maka lewat tangan pemerintah sebagai mitra DPRD bisa mempengaruhi apa yang kita inginkan melalui dana CSR itu. Inilah menjadi dorongan saya jika terpilih nanti maka apa saja demi kepentingan sepak bola saya siap perjuangkan,” bebernya.

“ Untuk itu, saya juga berharap kepada masyarakat, para legenda sepak bola serta para pencinta sepak bola di Ternate-Halbar agar memberi doa dan dukungan kepada saya karena satu-satunya seorang pemain legenda yang siap bekerja ketika terpilih di DPRD Provinsi Maluut,” kata Iqbal Alhadar mengahiri. (*)