Kawal Visi Sula Bahagia, Begini Kata Organ Mahasiswa

BORERO.ID SULA–Medium Gagasan Gravity (MGG) menggelar dialog memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 bersama sejumlah Ketua Organisasi Mahasiswa.

Dialog bertema ” Peran Pemuda Dalam Mengawal Visi Sula Bahagia,” ini dibahas oleh M. Rifai Umasugi (Ketua KNPI Sula), Sugiono (Sek. PMII), Rifky Leko (Ketua GMNI), Jisman Leko (Presiden BEM STAI Babussalam Sula) dan Rahman Basay (Ketua IMM Cabang), dipandu Ilham Usia selaku moderator.

” Problem di daerah ini dimana setiap paripurna pengesahan anggaran dan perda di DPRD nama kami sebagai ketua OKP dan Organisasi Mahasiswa selalu disebut. Namun kami tidak diundang untuk kegiatan yang menurut kami cukup penting melakukan control sosial. Jelas ini bertentangan dengan semangat Undang-undang keterbukaan informasi publik,” kata  Rifky Leko.

Padahal, sebagai mitra strategis Pemerintah Daerah tentu OKP mempunyai peran mengkritisi kebijakan Pemda yang dianggap keliru. Sebaliknya OKP tetap memberi apresiasi jika setiap kebijakan yang pro-masyarakat. ”KNPI Sula bersama OKP Cipayung plus pernah berada di garda terdepan menyoroti persoalan seperti masalah BBM di Sula”, kata Rifai Umasugi Ketua KNPI.

Sek PMII mengatakan bahwa posisi mereka sebagai organ kemahasiswa harus independen melakukan control sosial pada setiap kebijakan Pemda Sula. PMII sudah pasti peka terhadap problem sosial lantaran imbas dari kebijakan pemerintah daerah.

Sementara, Jisman Presiden Mahasiswa STAI Babussalam mengaku, begitu sulitnya ketemu Bupati Sula Fifian Adeningsi Mus guna melakukan diskusi demi mangawal visi Sula bahagia. Padahal hal ini merupakan bagian dari kontribusi pemuda serta  peran mahasiswa dalam mengawal visi Sula bahagia.

Rahmat Basay selaku  IMM Cabang Sula mengajak semua pemuda dan mahasiswa di daerah untuk tidak kendor dan terus memainkan perannya sebagai check and balance pada setiap kebijakan Pemda.

” Acara dialog ini guna  memperingati sumpah pemuda  ke-95 sebagai  merefleksikan kembali peran pemuda untuk mengontrol permasalahan di daerah kepulauan sula,” tambah Mochtar Umasugi selaku direktur Eksekutif MGG. (*)

Penulis : Karno Pora

Editor : Sandin Ar