Kelompok Tani di Sula Dapat Bantuan

Bupati Fifian Adeningsi Mus saat mendampingi anggota DPR RI Alien Mus dalam penyerahan bantuan secara simbolis ||Foto : karno pora

BORERO.ID SULA — Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Alien Mus menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di Kabupaten Kepulauan Sula, Sabtu, 23 Desember 2023.

Penyerahan bantuan aspirasi tahun 2023 tersebut dilakukan di halaman Istana Daerah (Isda) yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Kepulauan Sula Hj. Fifian Adeningsi Mus dan didampingi langsung Anggota DPR RI Alien Mus.

Penyerahan bantuan itu mulai dari 20 unit cultivator, 10 unit traktor roda dua, 15 unit pompa air, 57 unit handsprayer, 5 unit traktor roda 4, 6 jalan pertanian, 7 unit motor 3 roda, 1 unit pengelola pupuk organik, kampung cabai 10 hektar untuk Desa Wainin, bawang merah 5 hektar di Desa Waitulia dan kampung mangga 10 hektar di Desa Kabau Pantai.

Sementara untuk Kegiatan Pangan Lestari (P2L) itu terdiri sebanyak 20 kelompok yang tersebar di 17 desa, yakni Desa, Falahu, Fogi, Waiipa, Wailau, Soamole, Bega, Mangega, Pohea, Wainin, Malbufa, Kabau, Waitina Naflo, Waisakai, Kawata da Waikafia.

Selain bantuan untuk pertanian, Alien Mus juga memberikan bantuan 5 unit motor sampah kepada 6 desa di Kepulauan Sula, yakni Desa Fatce, Desa Falahu, Desa Mangon dan Desa Bajo, masing mendapatkan 1 unit motor sampah.

Sedangkan di bidang perikanan di Kepulauan Sula, Anggota DPR RI Alien Mus memberikan 10 unit bodi fiber, 10 unit mesin laut 15 PK, 25 unit alat tangkap ikan, mesin yamaha 15 PK untuk Desa Malbufa, Waiboga dan Bajo, 5 unit mesin ketinting untuk Desa Bajo, 19 unit coolbox fiber fiber di Desa Falabisahaya, Fukweu dan Soamole, alat pengolahan bakso di Desa Bajo, Gedung Peku Portabel di Desa Pelita, Pasar Ikan Bersih di Desa Fatce, 2 unit chest freezer di Desa Bajo, 2 paket rumput laut di Desa Fukweu, serta 1 paket KJH HDPE di Desa Wainin dan 1 unit excavator di Desa Bajo.

“Alhamdulillah bantuan untuk Kabupaten Kepulauan Sula tadi sudah di berikan secara simbolis kepada calon penerima, bantuan ini baik dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perikanan dan juga Kementerian Lingkungan Hidup,” ungkap Alien.

Legislator Partai Golkar Dapil IV Maluku Utara ini berkata, terkait bantuan pengangkut sampah seperti motor dia lebih fokus untuk Kota Sanana, sebab kata dia, Kota Sanana merupakan induk Ibu Kota Kabupaten.

“Saya lebih fokus di kota Sanana, karena kota Sanana kan cerminnya Kabupaten Kepulauan Sula, biar lebih bersih, dan masyarakat sadar atas kebersihannya. Dan saya harapkan bantuannya tepat sasaran,” tandasnya. (Ano)