KM Dorolonda Bakal Beroperasi di Jailolo

Tim gabungan dari Kementerian Perhubungan saat melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Halmahera Barat || Foto : Iin Afriyanti

BORERO.ID HALBAR – Tim gabungan dari Kementerian Perhubungan melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) terkait transportasi laut KM Dorolonda yang akan beroperasi di pelabuhan laut kelas lll Jailolo pada 2024. Hal ini menyusul surat Gubernur Malut bernomor : 500.II.I/3285/G tertanggal 9 Oktober 2023.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Jailolo Rosihan Gamtjim kepada wartawan mengatakan, kedatangan tim untuk menindaklanjuti Surat permohonan dari Gubernur Malut pada 9 Oktober lalu terkait pelayanan KM. Doro Londa di Pelabuhan Jailolo Halmahera Barat. “Mereka datang untuk mengsurvei kembali kepastian lokasi dua Pelabuhan yang ada di Halbar yaitu, Pelabuhan Jailolo sama Pelabuhan Matui, jadi nanti ada catatan – catatan dalam survei nanti akan disampaikan,”katanya, Rabu 1 November 2023.

Intinya,  tim turun melihat lansung kondisi lapangan apakah memenuhi keselamatan pelayaran atau belum, karena kapal cukup besar jadi harus ditinjau secara teknik. “Jadi mulai besok mereka akan melakukan survei dua Pelabuhan, dan tidak menutup kemungkinan salah satu dari dua Pelabuhan ini akan digunakan untuk pelayanan Kapal tersebut,” ujar Rosihan.

Terpisah Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhamad, berharap adanya palayanan Kapal KM. Doro Londa nanti dapat membantu masyarakat Halbar terutama yang mau bepergian keluar Daerah seperti ke Ambon, Makasar maupun ke Pulau Jawa. Hal ini sangat mempermudah masyarakat karena masyarakat tidak lagi menyebrang ke Ternate.

“Jadi adanya pelayanan kapal ini pasti masyarakat sangat senang untuk keluar Daerah menggunakan kapal, karena kapal ini sangat besar, kami Pemerintah Daerah sangat mendukung ini,” kata Djufri. (*)

Penulis : Iin Afriyanti

Editor : Sandin Ar