Lawan Persikab, Malut United Tampil All Out

BORERO SPORT–Malut United masih memegang ambisi yang sama menuju dua laga terakhir putaran awal Pegadaian Liga 2 2023-2024. Meski telah mengamankan tiket 12 besar, Laskar Kie Raha tetap haus kemenangan dan ingin tampil all out di dua laga sisa.

Rasa haus kemenangan itu terlihat ketika Malut United hendak menjalani pertandingan terdekat melawan Persikab Kabupaten Bandung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada Rabu (13/12/2023).

Pelatih kepala Malut United, Imran Nahumarury, memastikan bahwa setiap pemain yang diturunkan pada laga kandang melawan Persikab akan bermain maksimal dengan misi meraih poin penuh. “Malut United harus bisa meraih kemenangan. Untuk itu, pemain wajib berusaha maksimal. Kemenangan bukan ditentukan nama besar, tetapi kerja keras,” kata Imran dalam konferensi pers menjelang laga, Selasa (12/12/2023) sore WIB.

Pemain Malut United juga telah menyatakan kesiapan untuk berjuang meraih kemenangan atas Laskar Dalem Bandung, julukan Persikab. “Motivasi tim tetap sama seperti sebelum memastikan tiket 12 besar. Semua pemain siap berjuang untuk meraih 3 poin,” ujar Dave Mustaine selaku perwakilan pemain dalam sesi konferensi pers.

Malut United menatap laga kandang melawan Persikab dengan modal positif. Laskar Kie Raha mampu mencatatkan dua kemenangan beruntun saat bertamu ke markas Perserang Serang (1-0) dan Nusantara United (1-0). Selain kemenangan, Alwi Slamat dkk. juga berhasil mencatatkan clean sheet pada dua pertandingan tersebut.

Di sisi lain, Persikab dua kali gagal meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir dengan catatan 5 gol dan 5 kebobolan. Skuad asuhan I Putu Gede kali terakhir meraih kemenangan saat menjamu PSKC Cimahi pada 26 November 2023.

Kendati memiliki riwayat lebih baik, Malut United tetap perlu mewaspadai Persikab yang pada putaran pertama mampu memaksakan hasil imbang di Stadion Siliwangi Bandung. Kala itu, Malut United selaku tim tamu ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah. “Pertandingan penting untuk perkembangan pemain. mereka juga pasti ingin bermain baik dan memenangi pertandingan meski sudah tidak punya peluang lolos 12 besar,” tutur coach Putu Gede yang memastikan bahwa tim yang ia pimpin masih punya motivasi meraih kemenangan.

Malut United dipastikan lolos ke 12 besar Liga 2 2023-2024 setelah menang 1-0 di markas Nusantara United pada Jumat (8/12/2023). Kemenangan atas Nusantara United sekaligus mengamankan posisi Laskar Kie Raha di 3 besar klasemen Grup 2 atau zona aman menuju 12 besar.

Malut United menduduki peringkat ke-3 dengan torehan 19 poin dari 10 laga. Raihan poin Laskar Kie Raha tidak mungkin bisa dikejar oleh dua klub yang sebelumnya menjadi pesaing terkuat di jalur 12 besar, yakni Nusantara United dan Persikab.

Nusantara United menempati posisi ke-4 dengan raihan 13 poin dari 11 pertandingan. Sementara itu, Persikab yang selanjutnya akan menjadi lawan Malut United, tertahan di peringkat kelima setelah menjalani 10 laga dengan torehan 12 poin.

Bagi Malut United, persaingan menuju posisi teratas masih terbuka. Koleksi poin dua tim teratas, yakni FC Bekasi City dan PSIM Jogja, masih bisa dikejar. FC Bekasi City memuncaki klasemen berkat torehan 23 poin, sedangkan PSIM Jogja yang membayangi di peringkat kedua memiliki raihan 20 poin.

Adapun FC Bekasi City merupakan lawan terakhir yang akan dihadapi Malut United pada babak pernyisihan atau putaran awal Liga 2 2023-2024. Laga melawan FC Bekasi City bakal digelar 5 hari setelah pertandingan Malut United vs Persikab, tepatnya 18 Desember 2023. (*)