Lawan Semen Padang, Malut United Tetap Optimis Raih Kemenangan di Semifinal

Pemain laskar kie raha/malut united fc || Foto desain : borero.id

BORERO SPORT Hasil undian atau drawing semifinal Pegadaian Liga 2 2023-2024 telah dilakukan di SCTV Tower, Jakarta, pada Senin (5/2/2024). Ada 4 tim dalam undian itu setelah melaju ke babak semifinal. Hasilnya, Laskar Kie Raha julukan Malut United FC melawan Semen Padang. Sementara, Persiraja Banda Aceh melawan PSBS Biak.

Keputusan hasil drawing semifinal itu tak sedikitpun membuat pesimis bagi pasukan Laskar Kie Raha. Justru sebaliknya, tetap optimis dengan kerja keras untuk meraih kemenangan. Sebab, tiket promosi ke Liga 1 Indonesia sudah didepan mata.

“Malut United selalu optimistis. Pelatih, pemain, dan ofisial akan bekerja keras meraih kemenangan di semifinal,” kata Ilham Udin Armaiyn yang hadir dalam acara pengundian semifinal Liga 2 2023-2024.

Sekedar diketahui, berdasarkan regulasi yang ada, babak semifinal Liga 2 musim ini bakal dimainkan dengan sistem 2 leg (home dan away) tanpa menggunakan aturan gol tandang.

Jika agregat gol kedua tim masih sama hingga 90 menit waktu normal di leg kedua, pertandingan akan berlanjut ke extra time. Lalu, adu penalti bakal dilakukan apabila belum ditemukan pemenang pada babak tambahan waktu.

Dalam acara drawing, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi turut mengumumkan jadwal bergulirnya semifinal Liga 2. Dari jadwal tersebut diketahui bahwa Malut United akan lebih dulu melakoni laga kandang pada 25 Februari 2024, sedangkan pertandingan tandang di markas Semen Padang dijadwalkan berlangsung pada 29 Februari.

Setiap lawan di semifinal akan menjadi pesaing kuat bagi Malut United. Kriteria tim kuat juga melekat pada Semen Padang yang lolos ke semifinal sebagai juara Grup X.

Semen Padang punya riwayat yang serupa dengan Malut United. Klub berjulukan Kabau Sirah ini tak terkalahkan di 12 besar Liga 2 2023-2024.

Sama seperti Malut United, Semen Padang memuncaki klasemen dengan koleksi 10 poin dari hasil 2 kemenangan dan 4 kali imbang.

Malut United punya keunggulan dalam hal agresivitas gol. Skuad asuhan coach Imran Nahumarury mampu membukukan 9 gol, sedangkan Semen Padang 5 kali membobol gawang lawan selama tampil di 12 besar.

Apabila bisa mengalahkan Semen Padang, Malut United berhak tampil di final sekaligus dipastikan promosi ke Liga 1.

Namun, jika belum berhasil meraih kemenangan, Alwi Slamat dkk. akan bermain pada play-off promosi melawan tim yang juga menelan kekalahan di laga semifinal lain antara Persiraja Banda Aceh dan PSBS Biak.

Pertandingan play-off promosi merupakan kesempatan terakhir bagi tim yang menelan kekalahan di semifinal untuk memperebutkan satu tiket sisa menuju kasta tertinggi komperisi sepak bola Tanah Air. 

Jadwal Semifinal Liga 2 2023-2024

Leg 1 – 25 Februari 2024

Persiraja Banda Aceh vs PSBS Biak

Malut United vs Semen Padang

Leg 2 – 29 Februari 2024

PSBS Biak vs Persiraja Banda Aceh

Semen Padang vs Malut United