Menjaring Ketum KONI Kota Ternate Periode 2022-2026

Muhdin Taha selaku ketua TPP bakal calon Ketum KONI Kota Ternate periode 2022-2026 saat memberikan keterangan kepada media (Dok : ko like)

BORERO.ID TERNATE –  Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP)  bakal calon Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Ternate periode 2022-2026  resmi dibentuk. Pembentukan TPP yang diketua oleh Muhdin Taha ini melalui rapat kerja KONI Kota Ternate bersama pengurus Cabang Olahrga (Cabor) di Dragon Hotel Ternate, Senin (12/12/2022). TPP mulai action bekerja atau mulai membuka pendaftaran terhitung tanggal 13 sampai 19 Desember 2022.

Muhdin, usai dipercayakan menjadi ketua TPP mengatakan  dari hasil pembahasan dan tata cara penjaringan telah selesai disahkan bersama TPP,  pengurus Cabor yang hadir, beserta pengurus KONI Kota Ternate.  Karena itu, telah menetapkan beberapa hasil seperti jadwal Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) Ternate ke-IV KONI Kota Ternate pada 24 Desember 2022. Selajutnya, menetapkan dan mengesahkan mekanisme tata cara penjaringan bakal calon Ketum KONI Kota Ternate masa bakti 2022-2026. Menetapkan dan mengesahkan syarat dukungan bakal calon Ketum KONI Kota Ternate sebanyak 30 persen dari jumlah 19 anggota Cabor  yang mempunyai hak suara dan hak mengusulkan.

“ Jadi 30 persen dari 19 anggota cabor  itu 5,7 kita bulatkan ke atas menjadi 6 maka menimal syarat dukungan  untuk satu bakal calon ketum harus 6 cabor, hal ini sudah disepakati bersama. Dan mulai hari selasa tanggal 13  sudah resmi dibuka pengambilian formulir pendaftaran di sekertariat TPP  kantor KONI Kota Ternate sampai tanggal 19 Desember pengembalian formulir pendaftaran,” kata Muhdin didampingi sejumlah anggota TTP  kepada sejumlah media.

Menurutnya, dalam proses dari tanggal 13 sampai 19 itu, TPP akan menyampaikan berkas bakal calon Ketum yang dianggap kurang maka harus dilengkapi. Hal ini diberikan waktu sampai tanggal 20 Desember. Sedangkan pada tanggal 21 Desember 2022 sudah dilakukan proses verifikasi dan validasi berkas bakal calon ketum KONI Kota Ternate.

Rapat kerja KONI Kota Ternate bersama pengurus Cabang Olahrga di Dragon Hotel Ternate, Senin (12/12/2022)

Muhdin menjelaskan, 19 Cabor merupakan anggota peserta di Musorkot Ternate ke-IV KONI Kota Ternate itu mempunyai hak voters untuk mengusulkan bakal calon.  Maski demikian, menyangkut legalitas 19 Cabor itu dia menegaskan bawa akan dilihat seperti masa berlaku Surat Keputusan (SK) kepungurusan yang sesuai ketentuan organisasi masing-masing Cabor.

“ Misalkan Cabor yang memberikan dukungan pasti bakal calon akan membawa ke TPP, TPP kemudian mengecek kalaupun masa kepungurusan Cabor yang bersangkutan telah habis dan tidak lagi melakukan musyawarah sesuai AD/RT diatas 6 bulan maka tidak mempunyai hak suara,” ujarnya.

“ Selain itu ada banyak persyaratan baik secara umum maupun secara khusus berdasarkan ketentuan KONI. Hal ini nanti disampaikan atau diberikan pengambilian formulir kepada bakal calon di sekertariat TPP KONI Kota Ternate,” sambung Muhdin.

Sebagai bentuk pengebadian terhadap olahraga di Kota Ternate,  petahana Lukman S Poli  dipastikan  kembali  bertarung dalam  Musorkot Ternate ke-IV KONI Kota Ternate pada  24 Desember 2022. Hal ini ditegaskan Lukman ketika menutup Rapat Kerja KONI Kota Ternate di Hotel Dragon Ternate.

“Setelah selesai saya selaku ketua KONI Ternate satu periode, Insya Allah saya akan kembali untuk periode kedua. Dengan ini saya nyatakan untuk maju mencalonkan diri kembali,” kata Lukman menegaskan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *