Pemerintah Kecamatan Moti Sambut Tim Penilai Lomba Kelurahan

Pihak kecamatan dan kelurahan saat menyambut kedatangan tim penilaian dan klarifikasi lapangan ke kelurahan tafaga || Foto : istimewa

BORERO.ID TERNATE—Kedatangan tim penilaian dan klarifikasi lapangan terkait lomba Kelurahan tingkat Kota Ternate pada Sabtu (11/5/2024) kemarin, disambut baik Pemerintah Kecamatan Pulau Moti beserta pihak Kelurahan Tafaga dan warga setempat.

Terdapat  6 Kelurahan di Kecamatan Pulau Moti, namun Kelurahan Tafaga dipilih sebagai salah satu peserta Kelurahan untuk mengekuti lomba tingkat Kota Ternate 2024. Jika Tafaga terpilih sebagai pemenang, bakal mewakili Kota Ternate ke tingkat Provinsi Maluku Utara.

Karena itu, sebelum kedatangan tim penilai dari Bagian Pemerintahan Setda Kota Ternate membuat Camat Ahamd Yasin dan Lurah Tafaga Ade Samsudin, intens mempersiapkan segala keperluan lomba hingga bakti sosial bersama warga.

Ketua tim, Fachrudin Ginting, mengaku kedatanganya bersama anggota tim disambut baik pihak Kecamatan dan Kelurahan. Selama kurang lebih 3 jam, ia bersama anggota turun melakukan penilaian dan klarifikasi ke Kelurahan Tafaga berjalan dengan lancar.

Menurutnya, ada tiga bidang yang dinilai dan memiliki skor nilai masing-masing. Tiga bidang ini meliputi administrasi pemerintahan, potensi kewilayahan, dan pemberdayaan kemasyarakatan atau inovasi pelayanan. “ Untuk kelurahan tafaga setelah kita cek semua ada. Ada tiga bidang, nanti dinilai sesuai skornya masing-masing,” katanya kepada media ini, Senin (13/5/2024).

Dikatakan Fachrudin, lomba kelurahan tingkat Kota Ternate ini akan berakhir pada pertengahan bulan Mei 2024. Hasil lomba kemudian dikirim ke Provinsi untuk mewakili Kota Ternate. Ia berharap melalui lomba kelurahan ini menjadi motifasi atau pemantik serta lebih meningkatkan perbaikan administrasi pemerintahan.

Pembukaan kegiatan penilaian dan klarifikasi lapangan di kelurahan tafaga. || Foto : istimewa

Sebab tujuan lomba Kelurahan  ini, kata dia, untuk mengevaluasi kinerja setiap Kelurahan dengan seluruh aspeknya selama satu tahun.  “Adanya lomba ini bukan hanya sekedar memperoleh prestasi tetapi juga untuk menumbuhkan inovasi, motifasi, atau pemantik bagi pemerintah beserta masyarakat,” jelas Fachrudin, yang juga Kabag Pemerintahan Setda Kota Ternate ini.

Baca jugaLomba Kelurahan di Kecamatan Moti Mulai Disiapkan

Sementara, Camat Pulau Moti Ahmad Yasin SP, mengaku berterimah kasih kepada tim penilai yang sudah datang melakukan penilaian dan klarifikasi ke Kelurahan Tafaga sebagai kelurahan terpilih mengekuti lomba. Ahmad berharap kelurahan Tafaga bisa mendapat hasil yang terbaik. “ Semoga hasil penilaian yang didapatkan dapat memicu pemerintah kelurahaan bersama warga agar terus berkembang menjadi kelurahan yang diandalkan di Kecamatan Moti,” kata Ahmad.

Persentase peta wilayah kelurahan di kecamatan pulau moti || Foto : istimewa

Sekedar diketahui, lomba Kelurahan tingkat Kota Ternate 2024, diikuti sebanyak 8 Kelurahan yang tersebar di wilayah Kota Ternate.

8 Kelurahan itu mewakili masing-masing Kecamatan diantaranya, Kelurahan Stadion dari Kecamatan Ternate Tengah, Kelurahan Mangga Dua Utara mewakili Kecamatan Ternate Selatan, Kelurahan Soa Sio mewakili Kecamatan Ternate Utara,

Kecamatan Ternate Barat diwakili Kelurahan Loto, Kecamatan Ternate Pulau diwakili Kelurahan Dorpedu, Kelurahan Togolobe mewakili Kecamatan Pulau Hiri dan Kecamatan Pulau Batang Dua diwakili Kelurahan Lelewi, dan Kelurahan Tafaga mewakili Kecamatan Pulau Moti. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *