HALBAR  

Perayaan Natal di Halbar Perkuat Toleransi Antar Umat Beragama

Bupati Halbar James Uang saat memberi sambutan pada perayaan Natal di Kacamatan Ibu || Foto : istimewa

BORERO.ID HALBAR — Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 20224, yang dipusatkan di lapangan Desa Tuguis, Kecamatan Ibu Utara, Jumat (1/12/2023) malam.

Selain dipenuhi berbagai prosesi ibadat umat Kristen, perayaan Natal tersebut juga diisi ceramah oleh Pdt. Yandi Manobe dan menghadirkan penyanyi timur Vicky Salamor. Perayaan Natal ini dihadiri sejumlah OPD Pemda Halbar, Anggota DPRD dan ribuan Warga Halbar.

Bupati James Uang, dalam sambutannya menyampaikan, acara ini menyambung tali silaturahmi untuk meningkatkan keimanan dan toleransi antara umat beragama sehingga stabilitas keberagaman di Halbar tertata dengan baik. “ Dengan stabilitas keamanan kita bisa melaksanakan pembangunan di berbagai bidang sesuai visi dan program pemerintah daerah yang sudah dicanangkan, ”katanya.

Dikatakan, sebagai warga Negara harus tetap solid membangun persaudaraan dengan baik dan tidak perlu terpancing dengan kejadian di luar sana yang mengganggu stabilitas keamanan daerah Halbar.  “Peristiwa terjadi diluar sana tidak usah ambil pusing, sebab akan mengganggu pikiran kita semua. Sebagai negara Indonesia yang taat hukum kita serahkan sepenuhnya kepada aparat keamanan untuk menyelesaikan segala hal yang terjadi,” ujarnya.

Mantan ketua Pemuda GMIH Kecamatan Ibu itu menambahkan, implementasi Natal ini harus disampaikan kepada seluruh umat bahwa kedamaian dan damai sejahtera menjadi kebutuhan masyarakat dalam membangun kebersamaan demi kelanjutan pembangunan di Halbar. “Sekali lagi saya mengharapkan agar natal yang kita laksanakan ini karena Natal intinya adalah menyampaikan salam menyampaikan damai sejahtera di mana kita berada,” tandasnya.

Wakil Bupati Djufri Muhamad, dikesempatan yang sama juga menambahkan bahwa pihaknya dari kalangan muslim hadir dalam perayaan Natal ini hanya ingin bersilaturahmi dan berbagi sukacita semua dengan warga Nasrani halbar terutama di Kecamatan Ibu. Ia mengaku, setelah dirinya dan Bupati James Uang dilantik kondisi stabilitas politik  maupun keamanan di Halbar berjalan dengan baik, aman, tertib, damai dan sejahtera. “Semua harus mencermati sistem merenungi dan menghayati apa yang dibawakan pendeta tadi sangat menghibur dan penuh makna,” katanya

Selain itu, Djufri juga mengungkapkan perayaan Hari Raya Idul Fitri Umat Muslim nanti juga akan menghadirkan ustad dahsyat sehingga silaturahmi maupun toleransi kita tetap terjaga.

Selain itu, mantan Anggota DPRD tiga periode ini kembali menegaskan, bahwa Pilkada 2024 dirinya bersama Bupati James Uang tetap berpasangan. “Jangan percaya isu yang katanya wakil lain-lain Pak Bupati lain-lain torang 2 tetap bersama,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Anggaran Perayaan Natal pemda Halbar tersebut bersumber dari anggaran pendapatan asli daerah (APBD). (*)

Penulis : Iin Afriyanti

Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *