Polda Malut Gelar Pelatihan Pengamanan Jelang Liga 1 Indonesia

Pelatihan Safety Security Officer (SSO) dan Steward di aula Kie Raha Polda Malut, Rabu (5/6/2024). || Potret malut

BORERO. ID TERNATE— Polda Maluku Utara melalui Direktorat Pengamanan Objek Vital, menggelar pelatihan Safety Security Officer (SSO) dan Steward di aula Kie Raha Polda Malut, Rabu (5/6/2024).

Pelatihan ini diikuti oleh ratusan peserta sebagai persiapan menghadapi pertandingan Liga 1 Indonesia khususnya bakal digelar di Stadion Gelora Kie Raha Ternate.

Dirpamobvit Polda Malut, Kombes Pol Heri Tri Maryadi, menekankan pentingnya peran safety dan steward dalam menjaga situasi di lapangan selama pertandingan sepak bola. “Safety and security officer adalah individu yang memiliki tanggung jawab atas keselamatan dan keamanan dalam pertandingan resmi PSSI,” jelas Heri dalam sambutannya.

Heri menjelaskan bahwa petugas keselamatan dan keamanan memiliki beberapa kewajiban utama sesuai dengan regulasi PSSI. Pertama, mereka harus mampu menerapkan dan meninjau kebijakan serta prosedur keselamatan pengamanan, termasuk manajemen dan penilaian risiko. Kedua, mereka bertindak sebagai penghubung utama antara otoritas publik dan panitia penyelenggara terkait pengelolaan keselamatan dan keamanan pertandingan. Ketiga, mereka mengelola operasi keselamatan dan keamanan pertandingan, termasuk sumber daya, pembekalan, serta penempatan. Keempat, mereka memastikan infrastruktur stadion, sistem, dan peralatan telah disertifikasi.

Petugas steward seperti dijelaskan Heri, adalah individu yang dipekerjakan, disewa, dikontrak, atau menjadi sukarelawan di stadion untuk membantu manajemen keselamatan dan keamanan.

“ Saya berharap peserta pelatihan dapat mengikuti semua tahapan kegiatan dengan baik dan mendiskusikan berbagai kendala serta permasalahan yang dihadapi untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak yang tepat,”harap Kombes Pol Heri.

Baca jugaAgustus Kick-off Liga 1, Malut United Bermarkas Sementara di Jakarta

Ketua panitia pelatihan, Ipda Anggitha Ramadhini, menyatakah peserta pelatihan berjumlah 250 personel yang terdiri dari berbagai satuan, termasuk Kabag Ops, Kasat Intel, Kasat Samapta, dan operator Polres jajaran sebanyak 40 personel, Direktorat Samapta 20, Direktorat Intelkam 11, Direktorat Pamobvit 59, Brimob 15, Polres Ternate 22, Pol PP Provinsi 25, Pol PP Kota 26, dan Pemuda Pancasila 32 personel. “Sementara persiapan risk assessment dan pengamanan Liga 1 telah dilakukan pada Selasa, 4 Juni kemarin,” kata Ipda Anggitha.

Sementara itu PT Liga Indonesia Baru secara resmi mengumumkan Liga 1 musim 2024/2025 dijadwalkan dimulai pada bulan Agustus. Kick-off laga pertama akan digelar pada tanggal 2 Agustus dan musim kompetisi berakhir pada bulan Mei 2025. (*)

Penulis: dnxEditor: Sandin Ar*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *