Polda Malut Komitmen Pemilu Aman dan Damai

Kabidhumas Polda Malut, Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil || Foto : istimewa

BORERO.ID TERNATE-Kepolisian Daerah Maluku Utara (Polda Malut) kembali memberikan penegasan terkait komitmen soal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan aman dan damai.

Dalam keterangan tertulis Kabidhumas Polda Malut, Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil menyatakan keberagaman pilihan politik merupakan hak demokratis setiap warga negara.

Meski demikian, untuk terciptanya suasana yang kondusif selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara, ia menekankan penting menjaga persatuan dan kesatuan. “Kami mengajak seluruh masyarakat Malut untuk menyadari bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal wajar dalam demokrasi. Namun, mari kita tetap bersatu untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai,” katanya, selasa (23/1/2024),

Kombes Pol. Michael juga menegaskan larangan terhadap segala bentuk provokasi, intimidasi, maupun tindakan kekerasan selama proses Pemilu. Ia menjamin bahwa aparat kepolisian siap bertindak tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan mengganggu ketertiban umum.

“Kami akan menjaga netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas kepolisian. Segala bentuk pelanggaran hukum yang dapat mengancam keamanan masyarakat akan ditindak dengan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku,” tambahnya.

Masyarakat diimbau untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat merugikan kedamaian dan persatuan. Polda Malut juga mendorong agar masyarakat aktif melaporkan segala bentuk tindakan yang mencurigakan ke pihak kepolisian.

” Kami berharap Pemilu dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif, aman, dan damai serta menjadi cermin demokrasi yang matang dan beradab,” tandas Kabidhumas Polda Malut. (*)