Proyek Embung Bakal Dibangun di Pulau Hiri

Ilustrasi proyek embung/kadis PUPR Kota Ternate (Dok : borero.id)

BORERO.ID TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas PUPR merencanakan akan membangun proyek penampung air atau embung tahun 2023 ini di Kecamatan Pulau Hiri. Rencana proyek embung ini dalam tahap koordinasi ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Bali Wilayah Sungai (BWS) Maluku Utara.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M Nur Taib, mengatakan pemerintah saat ini sudah melakukan komunikasi dengan Ditjen SDA untuk membuat embung di Pulau Hiri. “Perencanaan dari SDA sudah ada. Yang belum itu realiasasi pekerjaaan fisik,” kata Rus’an, Rabu (25/1/2023).

Rus’an menyampaikan, komunikasi terakhir bersama Ditjen SDA bahwa mereka saat ini sedang berupaya agar anggaran membuat embung bisa masuk di Tahun 2023. “Karena ada beberapa plot anggaran yang harus diprioritaskan lagi, sehingga embung Hiri akan direvisi DPA-nya,” ujarnya.

Baca jugaSoal Pembangunan, Pemkot Ternate Jaring Tiga Balai

Menurut dia, Pemkot Ternate terus berupaya mengatasi masalah air di Kecamatan Pulau Hiri karena sumbar air sangat terbatas. “Kita bangun jaringan tapi tidak ada sumber air juga percuma. Sumber air sangat terbatas karena daerahnya sangat berbatu. Air yang selalu kita bor beberapa tahun sebelumnya tapi belum memenuhi standar TDS kesehatan,” tuturunya .

Untuk itu, solusinya adalah Pemerintah Kota harus meminta bantuan kepada Ditjen SDA agar proyek tersebut dapat terlaksana. “Embung ini solusinya masuk akal, kalau menggunakan pipa dari Ternate ke Hiri juga aga rawan karena melewati laut,” kata Rus’an. (Red)