Resmi Dilantik, Mohtar Alting Dipercayakan Jadi Ketua KPU Malut

Komisioner KPU Provinsi Malut || Foto : istimewa

BORERO.ID SOFIFI— Lima komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Maluku Utara (Malut) resmi dilantik atau diambil sumpah jabatan dari Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari. Mereka adalah Iwan Hi. Kader, Iwan S. Seber, Mohtar Alting, Mukhtar Yusuf, dan Reni Syafruddin A.Banjar.

Proses pelantikan lima komisioner KPUD Malut itu berlangsung di aula kantor KPU RI di Jakarta, Senin (6/5/2024) sore. Mereka yang ditetapkan sebagai komisioner KPUD Malut berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 521 Tahun 2024, yang diumumkan pada 3 Mei 2024 lalu.  Ini setelah melalui proses panjang dari tahap seleksi, penetapan 10 besar  hingga ditetapkan masuk 5 besar.

Usai pelantikan langsung dilakukan rapat untuk memilih Ketua KPUD Malut. Kesempatan itu Mohtar Alting yang juga periode sebelumnya sebagai anggota KPU secara aklamasi dipercayakan menjadi ketua KPUD Malut.

” Tadi prosesnya tanpa melalui pemilihan tetapi secara aklamasi,” kata salah satu komisioner KPU Malut, Iwan S Seber.

Sekadar diketahui KPU sendiri untuk agenda tahun ini adalah menghadapi proses Pilkada  provinsi maupun kabupaten/kota yang akan digelar secara serentak.

KPU RI secara resmi mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 yang di tandatangani Ketua KPU Pusat, Hasyim Asy’ari.  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ini akan dilaksanakan  Rabu 27 November 2024 mendatang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *