Sabet 4 Medali Emas, 2 Perak, Pertina Malut Juara NSBC 2023

Ketua pertina malut bersama pelatih dan atlet tinju || Foto : flayer pertina malut

BORERO SPORT—Atlet dari Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Maluku Utara (Malut) mengukir prestasi tinju di North Sulawesi Boxing Championship (NSBC) 2023, Sabtu (30/9) kemarin.

Kejuaraan terbuka NSBC itu digelar di Kota Manado, Sulawesi Utara, kurang lebih 9 atlet terbaik dibawa Pertina Malut untuk bertanding. Dari 9 atlet tersebut, 6 atlet melaju ke babak final dan mendulang 4 medali emas, 2 perak serta 1 medali perunggu.

Mereka diantaranya, M Reza Midun bertanding dikelas elit men 71 kilogram (kg), Gianlugi Kalaipupin bertanding dikelas elit men 63,5 kg, M Aimar Kopong bertanding dikelas elit men 54 kg, dan Phernel Tahumil bertanding dikelas elit men 48 kg. Sementara petinju putri, Jurian Maulana bertanding dikelas elit women 52 kg, dan Stevani Malaor bertanding dikelas elite women 50 kg.

Dalam partai final itu Gianlugi melawan Wawan Pahibe petinju dari AT BC, M Aimar melawan Asko Tatamang petinju dari Pintareng BC, Phernel melawan Reza petinju dari Toli-Toli BC, beserta Jurian melawan Mutiara Putri dari SBC. Keempat atlit ini berhasil menyabet medali emas atau juara di NSBC 2023. Sementara, M Reza dan Stevani juga berhasil menyumbangkan medali perak. Begitupula dengan atlet petinju Pertina Malut atas nama Rivai Berhenti juga ikut menyumbangkan satu medali perunggu.

Ketua Umum Pertina Malut, Nasri Abubakar, merasa bangga atas capaian atlet-atlet berama pelatih Pertina Malut dalam kejuaraan terbuka NSBC. Menurutnya, selain meraih 4 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu, namun juga salah satu petinju atas nama M Aimar Kopong,  keluar sebagai petinju terbaik di NSBC 2023.

” Olehnya itu, saya beserta pelatih mengucapkan banyak terima kasih atas doa dan supportnya kepada atlet tinju Maluku Utara saat mengekuti kejuaran terbuka NSBC 2023 di Kota Manado, Sulawesi Utara,” kata Nasri.

Baca juga : Partina Malut Bawa Atlet ke Sulawesi Boxing Championship 2023

Pada pemberitaan sebelumnya, kejuaraan North Sulawesi Boxing Championship sebagai ajang tryout untuk mematangkan persiapan tim Pra-PON dan juga Atlet yang sudah lolos ke PON 2024. “ Melalui kejuaaran itu agar melihat perkembangan latihan anak-anak petinju selama ini, sebelum kita berangkat mengikuti Pra-PON di NTT serta persiapan untuk PON 2024,” kata Nasri.

Menurut dia,  6 atlet yang dipersiapkan mengikuti Pra-PON itu tentu bagi Pertina Malut memasang target agar bisa mendulang medali di kejuaraan North Sulawesi Boxing Championship.  ” Target yang diberikan agar para atlet itu supaya memaksimalkan potensi tinju mereka,  sebelum bertanding di Pra-PON ke-II nanti,” tandasnya. (*)