Satu Petinju Malut Terpilih Bela Indonesia

Petinju Gianlugi Kalipupin bersama ketua umum pertina provinsi maluku utara, Nasri Abubakar (Dok : istimewa)

BORERO SPORTPasca lebaran Idul Fitri 1444 H, pecinta tinju di Maluku Utara bakal disuguhi dengan penampilan salah satu petinju asal Maluku Utara yang mengekuti kejuaraan bertaraf Internasional. Dia adalah Gianlugi Kalipupin, dipanggil untuk membela Indonesia. Kejuaraan tersebut akan berlangsung di Uzbekistan, 30 April sampai 14 Mei 2023.

Dikonfirmasi lewat akun resmi facebook Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Provinsi Maluku Utara menuliskan bahwa Gianlugi Kalipupin merupakan  satu pentinju terpilih untuk membela Indonesia pada kejuaraan dunia tinju yang akan berlangsung pada tanggal 30 April sampai dengan 14 Mei 2023 di Taskent Uzbekistan. Postingan itu disertai denga foto Gianlugi bersama Nasri Abukabar.

Ketua Umum Pertina Provinsi Maluku Utara, Nasri Abubakar, dikonfirmasi membenarkan Gianlugi Kalipupin dipanggil untuk membela Indonesia pada kejuaraan duna tinju di Taskent Uzbekistan. Kendati, Nasri belum menyampaikan secara detail pemanggilan Gianlugi dalam kejuaraan tersebut. “ Nanti saya rilis beritanya, karena sementara masih di jakarta,” singkat Nasri kepada media ini.

Diketahui bahwa, Gianlugi Kalipupin merupakan sosok petinju berbakat saat ini dimiliki publik Maluku Utara. Prestasinya mulai terlihat  seperti mengekuti  Kejuaraan Nasional 2022 di Medan Semutera Utara. Bahkan Gianlugi berhasil mencatatkan namanya pada gelaran tinju level Nasional itu setelah berhasil melaju ke babak partai final dan menyabet satu medali emas.

Di partai final itu, Gianlugi bertanding dikelas 60 kilogram (Kg) Youth mampu mematahkan perlawanan petinju tuan rumah, Andre Lumban Tobing.  Petinju asal Desa Tibobo, Kecamatan Sahu Timur, Kabupaten Halmahera Barat, ini berhasil mendominasi pertandingan selama tiga  ronde. Gianlugi dinyatakan menang majority cecession atas keputusan juri. Kemenangan pada partai final itu membuat petinju Malut mencatatkan satu medali emas di Kejuaraan Nasional 2022, Medan Semutera Utara. (Red/dnx)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *