Spirit BKM Kayu Merah Ternate Sambelih Hewan Kurban

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban BKM Khairil Djamaah Kayu Merah Kota Ternate (Dok : haerun hamid/borero.id)

BORERO.ID TERNATE–Badan Kesajahtaraan Masjid (BKM) Khairil Djamaah, Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, menyembelih sebanyak 10 hewan kurban di hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, Kamis (19/6/2023).

Dari 10 hewan kurban diantaranya 7 ekor sapi berhasil disembelih atau dipotong Panitia Pelaksana (Panpel) BKM Khairi Djamaah. Sementara 3 ekor kambing direncanakan, Jumat (20/6), baru dilakukan pemotongan.

Penyembelihan 7 ekor sapi itu hanya berlangsung sekitar 5 jam, dari pukul 09 : 00 sampai 13 : 00 WIT, dan dilanjutkan pendistribusian atau penyaluran kepada mustahik. Ini karena spirit atau semangat bekerja berpadu satu dari BKM bersama Remaja Masjid, dibantu sebagian pemuda dan warga Kayu Merah sehingga berjalan lancar dan tergolong cepat.

” Tahun ini kalau saya lihat BKM anak-anak muda tambah remaja masjid ini dorang (mereka) kerja semangat baku bantu (pemotongan hewan kurban). Kalau tahun lalu pembagian daging saja amper (hampir) sore, tapi sekarang model kerja kaya begini akan lebih muda, karena dorang bagi daging cepat, dan iris daging juga cepat,”  tutur Hasan, salah satu warga Kayu Merah kepada wartawan media ini.

Ketua panitia Ruslan S Hi. Rajab mengatakan, untuk kurban tahun ini sebanyak 7 ekor sapi ditambah 3 ekor kambing. Sapi kurban tersebut disumbangkan melalui kelompok serta individu atau perorang. Usai pemotongan, selanjutnya dilakukan pendistribusian kepada orang-orang berhak menerima yakni mustahik, para janda, para kaum duafa, serta anak yatim tersebar di sejumlah RT Kelurahan Kayu Merah.

Ketua panitia pelaksana pemotongan hewan kurban BKM Khairil Djamaah Kayu Merah Kota Ternate, Ruslan S Hi Rajab (Dok : Haerun/borero.id)

“Jadi kami hari ini mengeluarkan sekitar 300 lebih kupon kepada mustahik dan itu terhitung dengan para pekerja atau panitia. Namun pada itinya panitia memperiotaskan atau lebih mengutamakan kepada orang-orang yang berhak menerima” katanya.

Ia menambahkan, meski tahun ini panitia yang tergabung BKM dan Remaja Masjid hanya menerima pemotongan 7 ekor sapi akan menjadi bahan evaluasi untuk ditingkatkan pada tahun depan.

” Jika tahun kita dapatkan jatah 7 hewan kurban, insyaAllah tahun depan kita usahkan dapatkan lebih dari itu. Lewat kesempatan ini, kami juga  ingin sampaikan banyak terima kasih kepada orang-orang telah berpartisipasi menyumbankan hewan kurban di hari raya tahun ini ” kata Ruslan. (*)

Penulis : Haerun Hamid
Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *