Tiga OKP Dapat Dana Hibah, Dispora Ternate : KNPI Balum Pasti

Foto iliustrasi dana hibah

BORERO.ID TERNATE – Anggaran dana hibah bagi Organisasi Kepemudaan (OKP) atau Mahasiswa di Kota Ternate hanya tiga OKP yang diperuntuhkan. Anggarannya cair pada Desember 2023 kemarin.

Dana hibah dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate sebesar 150 juta itu diperuntuhkan ke Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Cabang Ternate. Dispora Kota Ternate, juga belum memastikan OKP selevel KNPI diakomodir dalam anggaran hibah untuk Tahun 2024.

Kepala Dispora Kota Ternate, Sutopo Abdullah, mengatakan untuk Tahun 2023 terdapat 3 OKP Cipayung Plus yang menerima dana hibah dari Pemkot Ternate. “Ada 3 OKP yang menerima dan besarannya masing-masing OKP itu menerima 50 juta. Anggaran ini bersumber dari APBD-P tahun 2023. Cairnya bulan Desember kemarin,” kata Sutopo, Senin, 22 Januari 2024.

Sementara anggaran hibah Tahun 2024, saat in masih menunggu Rencana Kerja Anggaran (RKA) kerena ada penambahan 2 OKP sebagai penerima. Sutopo menjelaskan bahwa, bagi OKP yang sudah menerima hibah Tahun 2023  kemarin, tidak bisa lagi menerima di Tahun 2024.  Sementara bagi KNPI Kota Ternate, kata Sutopo, harus dilihat dulu dalam dukumen APBD 2024.

“Jad nanti di tahun ini kita lihat dulu di skema dana hibah, selain OKP cipayung apakah KNPI dapat atau tidak itu kami belum bisa pastikan. Nanti kalau sudah muncul di RKA berarti dia muncul,” tandasnya. (*)