HALBAR  

Ujung Desa Tuada Disulap Jadi “Lumbung” Udang Vaname

Lokasi budidaya udang vaname dan ikan di Desa Tuada Halbar || Foto : Iin Afriyanti

BORERO.ID HALBAR—Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menyulap pesisir ujung Desa Tuada dijadikan tembak atau kolam buatan untuk budidaya udang vaname. 

Dahulu dikenal wisata magrove, kini langkah Dinas Perikanan untuk mempercantik dengan budidaya udang dan berbagai ikan. Lokasi tersebut dipastikan pada tahun mendatang menjadi lumbung udang vaname dan ikan.

” Langkah ini juga bagian dari menggenjot PAD atas kerjasama pemerintah dan masyarakat,” kata Kepala Dinas, Agus Mahole, Selasa (26/9/2023).

Olehnya itu, kata Agus, pihaknya bakal memprioritaskan budidaya udang vaname dan ikan sebagai salah satu program utama. Menurutnya, ujung Desa Tuada merupakan salah satu lokasi budidaya yang memiliki lahan strategis perlu dikembangkan.

” Dulu lokasi itu merupakan destinasi wisata mangrove, kini diubah menjadi lokasi wisata sekaligus budidaya terutama udang faname,”ujarnya.

Agus menambahkan, lokasi tersebut bukan hanya dijadikan tempat budidaya udang vaname namun hasil laut lainnya seperti ikan cakalang,sorihi, madidihang,komo, kombong dan lain-lain.

“Kami berharap hasil budidaya dan hasil laut lainnya ini dapat diproses dengan lancar untuk menggenjot PAD Halbar atas kerjasama masyarakat dan pemerintah daerah,”kata Agus mengahiri. (*)

Penulis : Iin Afriyanti

Editor : Sandin Ar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *