Warga Moti Ternate Dapat Edukasi Pembuatan Minyak Kelapa

BORERO.ID TERNATE – Workshop untuk pembuatan minyak kelapa dari ASN Pemprov Malut sebagai salah satu rangkaian kegiatan Moti 1322 Basuara yang digagas komunitas Orang Moti (Oti) Production pada Jumat (11/8/2023) dipadati warga kecamatan Moti.

Dimana  warga Moti antusias mengikuti workhsop atau pelatihan dari Ramli dan Ikram Sangaji, kedua ASN Dinas Perindag Provinsi Malut menyumbangnan pengetahuan mereka dengan melatih warga cara membuat minyak kelapa, dengan kemasan yang diberi lebel Groni akronim dari Goroho Niwi yang berasal dari bahasa Tidore-Makian.

Ikram mengatakan, pihaknya pada kegiatan workhsop kali ini memberikan edukasi kepada warga bagaimana memproduksi minyak kelapa unggul dengan cara sederhana yang nantinya siap bersaing di pasar. “Pada kegiatan Moti 1322 Basuara ini, alhamdulillah saya dan Pak Ramli berbagi pengetahuan dan pengalaman kami kepada warga. Semoga kedepan dari workhsop ini terus dikembangkan warga Moti, sehingga Moti punya produk unggulan tersendiri berupa Groni,” ungkapnya.

Pihaknya sendiri bangga, sebab warga Moti sangat antusias hadir mengikuti workhsop tersebut sampai selesai. “Alhamdulillah sambutan warga cukup luar biasa pada workhshop ini,” tandasnya.
Koordinator Kegiatan Moti 1322 Basuara Budi Janglaha menyebut, pada kegiatan Moti Basuara kali ini pihaknya berharap punya dampak ekonomi ke warga Moti secara langsung, salah satunya dengan pembuatan minyak kelapa groni.

“Alhamdulillah agenda perdana pada kegiatan Moti 1322 Basuara ini mendapat antusias warga di Moti, kita berharap dari pelatihan hari ini nantinya warga dapat pengetahuan untuk kedepannya dapat mengembangkan minyak kelapa dengan kemasan yang kita beri nama Groni sebagai salah satu minyak kelapa khas dari Moti,” sebutnya.

Menurutnya, komunitas Oti yang dibantu kedua trainer tersebut kedepannya akan terus memberikan pendampingan ke terkait cara memproduksi minyak kelapa dan VCO.

Saihu Oti Wahyu Taha mengapresiasi kedua pemateri tersebut yang telah meluangkan waktu ditengah kesibukan aktifitas kantor untuk berbagi pengetahuan kepada warga di Moti.

“Atas nama rekan-rekan Oti, kami menyampaikan terima kasih kepada bang Ramli dan bang Ikram yang sudah berbagi pengetahuan di kegiatan Moti 1322 Basuara,” tandasnya. (*)

Penulis : Tim

Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *