Langgar Aturan, Panwascam Pulau Ternate Tertibkan 23 Alat Peraga Kampanye

Panwascam Pulau Ternate melakukan Penertiban APK
Panwascam Pulau Ternate melakukan Penertiban APK

BORERO.ID, TERNATE – Sebanyak 23 Alat Peraga Kampanye (APK) se-Kecamatan Pulau Ternate terpaksa ditertibkan lantaran dianggap menyalahi aturan penetapan lokasi pemasangan APK. 

Penertiban tersebut dipimipin langsung Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pulau Ternate Farman Noh dan didampingi Seluruh Pengawas Kelurahan/Desa (PKd) se-Kecamatan Pulau Ternate serta pemerintah Kecamatan.

Mengawali kegiatan penertiban tersebut, Panwascam Pulau Ternate, menggelar rapat bersama dengan pihak Pemerintah Kecamatan Pulau Ternate yang dihadiri Kepala seksi (Kasi) Keamanan dan ketertiban (Trantib) Ruslan Djauhar yang dilaksankan di kantor Camat Pulau Ternate.

Ketua Panwascam Pulau Ternate Farman Noh usai lakukan penertiban kepada media ini mengatakan, penertiban ini dilakukan berdasarkan keputusan KPU Kota Ternate Nomor 54 Tahun 2023 tentang penetapan lokasi Pemasangan APK pada Pemilihan Umum, dan Peraturan Walikota Ternate Nomor 51 tahun 2023 tentang Pedoman Pemasangan APK Pemilu dan Pilkada 2024.

“Pelaksanaan penertiban ini karena ada beberapa APK yang dipasang melanggar regulasi, sebab ada APK yang di pasang di Tiang listrik dan di Pohon.” Kata Farman Noh, rabu (24/01/2024).

Ia menuturkan, penertiban ini merupakan langkah penindakan yang diambil setelah sebelumnya pihaknya secara kelembagaan telah menyurat secara resmi ke pihak partai politik (Parpol).

“kami telah menyurat ke Partai tetapi tidak ada inisiatif dari partai untuk menurunkan APK-APK nya yang melanggar aturan itu,” Ujarnya

Lebih lanjut Ketua Panwascam itu menghimbau, Pihak Parpol maupun para calon legislatif (Caleg) agar dalam pemasangan APK selalu mengedepankan budaya taat akan Aturan.

“Selain itu Parpol maupun Calegnya juga harus memahami dan sadar diri apabila telah melakukan pelanggaran, yakni dengan menurunkan sendiri APK yang melanggar itu,” Imbuhnya.

Sementara itu Kasi Trantib Pemerintah Kecamatan Pulau Ternate Ruslan Djauhar menambahkan, Pihaknya selalu mendukung kerja-kerja Panwascam karena penertiban APK ini merupakan kewenangan dari panwascam.

“Apalagi ini juga amanat dari Perwali Nomor 51 Tahun 2023, tentang pedoman pemasangan alat peraga kampanye, jadi kami selalu mendukung tugas-tugas Panwascam” Singkatnya (Mul).