Panwascam Pulau Ternate Gelar Sosialisasi Pengawasan Logistik Pemilu

TERNATE – Guna memastikan fungsi pengawasan terhadap pendistribusian Logistik Pemilu 2024 mendatang, Panwascam Pulau Ternate, sabtu (23/11/2023) menggelar sosialisasi Pengawasan Logistik yang dipusatkan di Cafe Kastela. 

Kegiatan yang di hadiri Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Pulau Ternate serta tokoh masyarakat tersebut dibuka Kordiv Penangan Penyelenggaraan dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Panwaslu Pulau Ternate Sukardi Jauhar dan menghadirkan Narasumber Devisi Hukum dan Penindakan KPU Kota Ternate Muminah Daeng Barang dan mantan Komisioner Bawaslu Malut Aziz Marsaoly.

Kordinator Devisi (Kordiv) P3S Sukardi Jauhar dalam kesempatan itu menyatakan, kegiatan sosialisasi ini kami laksanakan guna mengajak masyarakat turut berpartisipasi bersama untuk mengawal logistik pemilu yang bakal didistribusikan nanti.

“Kami menyadari dalam pendistribusian logistik nanti dari pengawasan kami kekurangan Sumber Daya manusia (SDM) makanya kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi bersama kami dalam pengawasan logistik oleh KPU nanti, baik itu di tingkat kecamatan hingga ke kelurahan se kecamatan Pulau Ternate,” Katanya

Sasaran utama dari kegiatan ini lanjut Sukardi, para PKD dapat memahami tugas dan fungsi khusus pada tahapan pendistribusian logistik pemilu yang akan dilaksanakan pihak KPU.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini teman-teman PKD bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, dan memastikan logistik pemilu pendistribusian nya berjalan dengan lancar sampai pada tingkat TPS,” Ujarnya

Aziz Marsaoly dalam kesempatan itu mengatakan, panwascam maupun PKD se-Kecamatan Pulau Ternate, memiliki peran penting dan harus memastikan logistik pemilu tersalurkan dengan tepat waktu dan sesuai prosedur.

“Ketersediaan dan kecukupan logistik Pemilu mempengaruhi kelancaran penyelenggaraan pemilu karena persediaan logistik yang tidak mencukupi akan menghambat pemilih dalam hak suaranya, maka peran pengawasan sangatlah penting,” Ujarnya

Sementara itu, Devisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Ternate Muminah Daeng Barang mengatakan, pihaknya rencana pendistribusian logistik pemilu terbagi dalam tiga tahap.

“Pendistribusian logistik pemilu di luar kotak suara, waktu pendistribusiannya dimulai minggu ke tiga bulan Januari, dan pada tahap kedua di mulai minggu ke empat sedangkan Tahap tiga, sedangkan surat suara akan didistribusikan minggu kedua bulan Februari atau H-3,” Tutupnya (Ay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *