Pemkot Ternate Optimis Raih WTP Sekian Kalinya

Kantor BPK Perwakilan Malut/Sekda Kota Ternate Rizal Marsaoly || Foto desain : borero. id

BORERO. ID TERNATE—Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate optimis meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-9 dari BPK Perwakilan Maluku Utara (Malut).

Hal itu karena BPK Perwakilan Malut akan menyerahan dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023. Rencananya, penyerahan LHP LKPD dari BPK Perwakilan Malut dilakukan bersamaan dengan Kabupaten/Kota lainnya pada hari Sabtu (18/5/2024).

“ Kami optimis meraih WTP yang ke-9, karena Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selalu responsif dan aktif berpartisipasi sejak tahapan dilakukan pemeriksaan dari BPK,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate Rizal Marsaoly.

Oramg nomor tiga di jajaran Pemkot Ternate itu mengaku, untuk temuan di lapangan yang masih berupa entitas dan belum jadi temuan, langsung ditindak lanjuti OPD teknis. Dan selama pemeriksaan BPK berlangsung di lingkup OPD, sambung Rizal, Wali Kota Ternate sejak awal telah mengingatkan OPD untuk responsif dan berpartisipasi dalam tahapan pemeriksaan.

“Misalnya tim ingin memeriksa secara langsung di lapangan atau kegiatan di OPD langsung itu terverifikasi dengan baik, karena saya selalu memantau,” ungkapnya.

Baca jugaRPJPD Jadi Pertarungan Gagasan Calon Wali Kota Ternate

Menurut ketua TAPD Pemkot Ternate ini adanya pemeriksaan BPK itu tidak memberikan ruang kepada OPD untuk berbuat kesalahan. Sebab jauh-jauh hari Wali Kota telah memberi warning.

Untuk itu, sejak awal BPK melakukan pemeriksaan semua berjalan dengan lancar sehingga pihaknya optimis dapat meraih predikat WTP ke-9.

Sekda menambahkan, jika predikat WTP diraih, maka hal ini tidak lepas dari peran serta keterlibatan semua pihak terkait yang tidak hanya mengejar output, tidak hanya mengejar pekerjaan tapi kualitas pekerjaan di lapangan harus terjaga. “Insya Allah, Pemkot Ternate dapat meraih predikat WTP,” kata Rizal. (*)

Penulis: dnxEditor: Sandin Ar*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *