RPJPD Jadi Pertarungan Gagasan Calon Wali Kota Ternate

Plt Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, M Taufik Jauhar || Foto desain : borero. id

BORERO.ID TERNATE — Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Ternate tahun 2025-2045 bakal menjadi rujukan visi-misi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, periode 2024-2029.

RPJPD itu sementara disusun tim penyusun Bappelitbangda Kota Ternate untuk pembangunan 20 tahun mendatang. Dengan target, sebelum pendaftran Bakal Calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah harus rampung.

“ Target kami sampai Agustus 2024 sudah harus selesai (Rampung) dan disahkan menjadi Perda. Karena bulan November sudah digelar Pilkada 2024,” kata Plt Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, M Taufik Jauhar, kepada wartawan disela-sela kegiatan Musrenbang RPJPD, Rabu (15/5) kemarin.

Menurut Taufik, penyusunan RPJPD tahun 2025-2045 dapat menjadi rujukan visi misi calon kepala daerah karena didalamnya tercantum semua aspek untuk pembangunan 20 tahun mendatang.

“ Disusun supaya visi misi calon kepala tidak keluar dari RPJPD. Makanya kita juga libatkan Bappenas agar ada singkronisasi RPJPD Kota Ternate, Provinsi, dan Nasional, ” kata dia.

Selain menjadi rujukan visi-misi calon kepala daerah, RPJPD juga bakal menjadi pegangan pihak penyelenggara Bawaslu dan KPU. Kendati, penyusunan RPJPD masih membutuhkan tujuh tahapan lagi. Jika sudah selesai, selanjutnya disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Ternate.

Baca jugaMerancang Pembangunan 20 Tahun Lewat Musrenbang RPJPD

Taufik menjelaskan sesuai jadwal penyusunan RPJP tahun 2025-2045 untuk rancangan akhir ditargetkan akhir Mei. Setelah itu dilakukan review oleh APIP atau Inspektorat.  Selanjutnya, dilakukan pembahasan bersama DPRD Kota Ternate. Kemudian dilakukan evaluasi Ranperda RPJPD bersama Pemerintah Provinsi bulan Juli atau Agustus.

“ Kita ditargetkan paling lambat itu pada minggu kedua terakit penetapan Perda RPJP di DPRD Kota untuk disahkan,” jelasnya.

Sebelumnya,  Musrenbang RPJPD Kota Ternate mengakat tema,” Kota Ternate Pusat Perdagangan dan Jasa Berbasis Kepulauan yang Maju dan Berkelanjutan “. Tema ini menjadi rancangan Visi-Misi dalam RPJPD Kota Ternate tahun 2025-2045.  Jika sudah disahkan bakal menjadi pertarungan gagasan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate di Pilkada 2024. (*)

Penulis: dnxEditor: Sandin Ar*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *